• Info Terkini

    Wednesday, June 13, 2012

    Ulasan Cerpen "Tak Kan Ku Menyerah!" Karya Ulfa Sakinah

    [ID-FAM150U, Anggota FAM Medan]

    Cerpen yang berjudul ”Tak Kan Ku Menyerah” ini bercerita tentang Fahsya, seorang pelajar SMP yang mencoba mengikuti try out sekota Medan. Meski awalnya Fahsya putus asa dengan hasil try out yang mengecewakan, ia mencoba untuk terus berusaha.

    Penulisan cerpen ini dilakukan dengan berbasis lokalitas Medan dengan bahasanya yang kental. Hal ini bisa dilihat dari dialog yang dimunculkan dalam cerita dengan logat bataknya.


    Ada beberapa catatan dari FAM terhadap cerpen ini. Harapannya, penulis bisa belajar agar ke depan cerpen yang dibuat menjadi lebih baik lagi. Beberapa catatan yang harus diperhatikan diantaranya:

    1. Penyusunan tulisan sebaiknya memperhatikan paragraf dan spasi. Hal ini agar tidak membuat pembaca bingung. Dalam penulisan cerpen ini, paragraf dan spasi belum diatur dengan benar.

    2. Cerpen ini belum memiliki bagian yang bisa disebut klimaks. Keseluruhan cerita terlihat datar sehingga kurang menarik.

    3. Penggunaan EYD masih belum tepat. Contohnya penulisan ’di’ yang diikuti kata tempat seharus dipisah bukan digabung. Kemudian setelah titik dan koma sebaiknya diberi spasi sebelum menulis huruf berikutnya. Lalu penulisan tidak dalam bahasa gaul atau percakapan sebaiknya adalah ’nggak’, buka ’gak’.

    4. Kutipan percakapan masih belum efektif dan efisen sehingga membuat cerita atau tulisan kurang nyaman dibaca.

    Sisi positif dari cerpen ini adalah memunculkan pesan moral secara tersirat, yaitu agar kita tidak mudah putus asa dan menyerah saat kegagalan menimpa. Sebab, bagaimanapun kegagalan adalah sebuah proses pembelajaran untuk menjadikan pribadi lebih baik lagi. Harapannya memang setiap tulisan yang kita buat mengandung sebuah pesan yang bermafaat bagi pembaca.

    FAM berharap, penulis terus berlatih agar ke depan kualitas tulisan menjadi semakin baik. FAM menyarankan penulis untuk banyak membaca cerpen-cerpen yang sudah bagus agar tahu bagaimana cara menulis dengan baik dan nyaman untuk dibaca. Jadilah seperti tokoh dalam cerita, yang tidak mudah menyerah untuk menggapai sesuatu yang lebih baik lagi.

    Semangat berkarya

    Salam Aishiteru
    TIM FAM INDONESIA
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ulasan Cerpen "Tak Kan Ku Menyerah!" Karya Ulfa Sakinah Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top