• Info Terkini

    Monday, July 2, 2012

    Pengumuman Pemenang Lomba Milad Sekjen FAM Indonesia

    Pengurus Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia berbahagia melihat antusiasme anggota FAM maupun anggota Grup “Forum Aishiteru Menulis” yang begitu bersemangat mengirim karya mereka untuk Lomba Menulis Surat Terbuka, Cerpen dan Puisi dalam rangka Milad Sekjen FAM Indonesia. Kami tidak menduga bila naskah yang dikirim untuk lomba ini sangat ‘membanjir’.

    Grup FAM Indonesia hampir setiap jamnya di setiap hari terlihat postingan terbaru karya anggota FAM Indonesia maupun peserta yang belum berstatus anggota, baik berupa surat maupun cerpen dan puisi. Mulanya kami mengira lomba ini hanya diikuti beberapa orang saja, tetapi dugaan kami meleset sebab hampir seratusan naskah kami terima.

    Dari segi hadiah bukan sesuatu yang ‘wah’ dalam lomba ini. FAM Indonesia tidak menjanjikan hadiah uang jutaan rupiah, tetapi hanya buku dan piagam penghargaan. Benarlah dugaan kami, masih banyak calon-calon penulis hebat Indonesia yang mengikuti lomba bukan semata karena hadiah, tetapi sikap tulus mereka berkarya dalam kesempatan apapun. Jadi, kalah menang adalah kekecualian yang tidak perlu terlalu dipusingkan.

    Lomba ini sebenarnya bersifat ‘subyektif’ dalam rangka Milad Sekjen FAM Indonesia, semata hanya untuk memberikan rangsangan dan motivasi kepada anggota FAM Indonesia terutama yang pemula untuk menulis. Namun nyatanya, belasan naskah kami terima dari anggota FAM yang telah senior dan nama mereka tidak asing lagi di dunia kepenulisan. Sungguh, ini sangat menggembirakan kami.

    Dengan demikian, cita-cita FAM Indonesia sebagai wadah kepenulisan nasional yang menaungi penulis-penulis muda dan tua di Tanah Air mendekati titik yang diharapkan. Semoga FAM benar-benar menjadi wadah yang selalu memberi motivasi bahwa siapa saja punya peluang menulis dan tidak selalu bergantung pada bakat.

    Maka, tibalah saatnya FAM Indonesia mengumumkan nama-nama pemenang lomba setelah sebulan masa pengiriman naskah dan karya peserta diposting di grup FAM Indonesia. Nama-nama itu sebagai berikut:

    1. Pemenang Cerpen Terbaik

        Ma’arifa Akasyah (Kendal)

        Judul: “Nur Itu Keren”

        Hadiah 1 eks Novel “Rinai Kabut Singgalang” karya Muhammad Subhan.

        Cerpen ini akan diterbitkan di KORAN-CYBER.com

    2. Pemenang Puisi Terbaik

        Refdinal Kelana Mimpi (Bukittinggi)

        Judul: “Inisial Makna.”

        Hadiah 1 eks Buku Kumcer “Fesbuk” karya Aliya Nurlela & Muhammad Subhan

    3. Pemenang Surat Terbuka Terbaik

        Rahimah Ib (Medan)

        Judul: “Sang Purnama Dalam Gelap”

        Hadiah 1 eks Buku Kumcer “Fesbuk” karya Aliya Nurlela & Muhammad Subhan

    3 PUISI PILIHAN:

    1. Handiwung  (Nuryaman Emil Hamzah, Pandeglang)

    2. Pelangi Dalam Aksaramu (Titi Haryati Abas, Sinjai-Sulsel)

    3. Qurrata A’yuni (Ervyta Sari, Cairo, Mesir)

    Masing-masing mendapat Piagam Penghargaan FAM Indonesia. Ketiga Puisi diterbitkan di KORAN-CYBER.com dan diposting di blog FAM www.famindonesia.blogspot.com serta ikut diterbitkan dalam antologi bersama pemenang lomba yang diadakan FAM Indonesia dalam waktu dekat.

    3 SURAT TERBUKA PILIHAN:

    1. Ken Hanggara (Surabaya), judul: “Bahtera Mimpi”

    2. Yasin Abiru Sabil (Bandung), judul: “Seorang Muslimah Pengukir Pena”

    3. Nadia Regina Martanti (Sukoharjo), judul: “Pesan yang Kau Selipkan pada Bunga”

    Masing-masing mendapat Piagam Penghargaan FAM Indonesia. Ketiga Surat akan diposting di blog FAM www.famindonesia.blogspot.com dan ikut diterbitkan dalam buku Sekjen FAM yang akan terbit sebelum Milad ke-1 FAM Indonesia di Pare, Jawa Timur.

    Anggota resmi FAM sebagai Pengirim Tulisan Terbanyak jatuh kepada:

    Abdul Kadir Halimin (Barru, Sulawesi Selatan)

    Mendapat Piagam Penghargaan FAM Indonesia. Puisinya yang berjudul “Aliya Nurlela” akan diterbitkan di KORAN-CYBER.com dan diposting di blog FAM www.famindonesia.blogspot.com bersama puisi pemenang lainnya. Surat terbukanya yang berjudul “Jilbab Putih Mbak Aliya” akan diposting di blog FAM dan diterbitkan dalam buku Sekjen FAM bersama pemenang lainnya.

    Anggota group sebagai Pengirim Tulisan Terbanyak:

    1. Ma’arifa Akasyah (Kendal)

    2. Haryanii Tsaqieb (Sidoarjo)

    3. Hendra Setiawan (Palembang)

    4. Muhammad Syam (Gresik)

    5. Vina Rohmatul Ummah (Malang)

    6. Titi Haryati Abas (Sinjai)

    Masing-masing mendapat Piagam Penghargaan FAM Indonesia dan beasiswa seharga biaya registrasi menjadi anggota FAM Indonesia. Artinya, ke enam pengirim tulisan terbanyak ini mendapat fasilitas langsung menjadi Anggota FAM Indonesia tanpa membayar biaya registrasi. Mereka langsung diberikan nomer ID FAM.

    Semua yang ikut berpartisipasi dan belum menjadi anggota FAM Indonesia, mendapatkan Piagam Penghargaan (Piagam Online dikirim via email) dan mendapat fasilitas kemudahan menjadi anggota FAM tanpa membayar biaya Kartu Tanda Anggota/KTA (senilai Rp50 ribu), hanya dikenakan biaya pendaftaran sesuai kelas usia masing-masing anggota. Mereka adalah:

    1. Arif Hifzul (Medan)

    2. Muhammad Reifendy (Tangerang)

    3. Irwan Hasan (Padang Pariaman)

    4. Aisyah Al Hinduwan (Jepara)

    5. Yori Tanaka (Tangerang)

    6. Rully Cayyo (Jakarta)

    7. Smith Rain (Bukittinggi)

    8. Iqbal Tawakkal (Papua)

    9. Tosa Poetra ( ? )

    10. Jindann Sim (Malang)

    11. Uchnul Di’ema (Aceh)

    12. Mia Mutiara (Kuningan)

    Bagi anggota resmi FAM Indonesia yang ikut berpartisipasi mengirimkan karyanya pada lomba ini dan belum berkesempatan menjadi pemenang, Pengurus FAM Indonesia akan mengirimkan Piagam Penghargaan (piagam online dikirim via email). Semua Piagam Penghargaan akan dikirim dua minggu ke depan bersamaan dengan pengiriman piagam penghargaan bagi enam orang penerima penghargaan atas tulisan dan ide kreatif untuk FAM Indonesia pada April 2012 lalu.

    Demikian Pengumuman ini disampaikan. Seluruh naskah dinilai oleh Tim FAM Indonesia. Selamat kepada para Pemenang, terus berkarya. Dan, kepada yang belum mendapat kesempatan juara, jangan berkecil hati, nantikan info-info lomba dan proyek penerbitan buku FAM Indonesia.

    Salam aishiteru!

    FAM INDONESIA

    *) Mengingat Tim FAM Indonesia telah selesai melakukan tugas penilaian keseluruhan naskah lomba, maka Pengumuman Pemenang ini beberapa jam lebih awal diumumkan dari rencana semula.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengumuman Pemenang Lomba Milad Sekjen FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top