• Info Terkini

    Thursday, August 9, 2012

    Panduan Bimbingan Menulis di FAM Indonesia

    FAM INDONESIA
    Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia memberitahukan kepada seluruh anggota yang telah memiliki nomor ID-FAM agar menyimak informasi berikut ini:

    1. Seluruh anggota FAM Indonesia setiap bulannya diharuskan mengirim satu tulisan untuk diulas oleh Tim FAM. Tujuannya agar tulisan anggota mendapat koreksian, semisal bobot tulisan, penggunaan EYD dan tanda baca, dll. Tulisan itu dikirim ke email: forumaishiterumenulis@yahoo.com, atau ke inbox fb “Aishiteru Menulis” dengan mencantumkan keterangan bahwa karya tersebut untuk diulas Tim FAM.

    2. Bagi anggota yang tidak mengirimkan tulisannya, FAM Indonesia tidak akan menghubungi untuk meminta tulisan tersebut. FAM menuntut kesadaran masing-masing anggota saja agar benar-benar proaktif, sesuai nama FAM: Forum Aktif Menulis. Artinya, satu tulisan setiap bulan yang dikirim ke FAM bukan lagi suatu keharusan. Jika anggota ingin cepat menguasai ilmu menulis sesuai kategori tulisan yang ditekuni, maka kami persilakan untuk rutin mengirim satu tulisan minimal setiap bulannya.

    3. Setiap anggota diharuskan mencantumkan kategori tulisan yang jelas. Jika yang ditekuni tulisan fiksi (cerpen, puisi dan novel), maka silakan mengirim tulisan fiksi. Begitupun nonfiksi, semisal artikel. Ilmu yang didapat adalah lewat ulasan tulisan yang Anda kirim. Tim FAM akan mengetahui perkembangan kemampuan menulis Anda dari tulisan yang Anda kirim.

    4. FAM Indonesia tidak memberikan materi khusus kepada anggotanya. Materi dan informasi harian bisa dibaca di grup fb “Forum Aishiteru Menulis (FAM) Indonesia” yang diposting lewat akun admin “Aishiteru Menulis”.

    4. FAM Indonesia memberikan kesempatan pada semua anggota untuk berkonsultasi seputar tulis menulis dengan cara mengirimkan pertanyaan atau pendapat melalui inbox akun “Aishiteru Menulis”. Konsultasi bukan dalam bentuk chatting, tetapi ditulis rapi seperti surat dengan menyertakan nama lengkap, nomor ID-FAM, dan asal daerah.

    5. FAM Indonesia menyarankan kepada seluruh anggotanya untuk mengikuti berbagai lomba yang digelar FAM Indonesia guna mengasah kemampuan menulis serta ikut berkompetisi dengan anggota FAM lainnya.

    6. Seluruh anggota FAM Indonesia diharapkan mengirim profil pribadinya masing-masing yang ditulis dalam bentuk narasi (bercerita) maksimal satu halaman kuarto. Isi profil memuat data diri, tulisan yang ditekuni, riwayat menulis, tulisan yang telah dipublikasikan, motto hidup dll. Tulisan tersebut akan diedit Tim FAM Indonesia sebelum diposting di blog FAM.

    7. Seluruh anggota berpeluang mendapatkan penghargaan menjadi Anggota Teladan. Nama penghargaan itu “FAM Award” yang akan diumumkan pada Milad FAM Indonesia. Ada beberapa kategori, diantaranya penulis paling produktif, penulis fiksi terbaik, penulis nonfiksi terbaik, penulis favorit (anggota yang bisa mengajak banyak calon penulis bergabung di FAM) dan kategori lainnya. “FAM Award” akan diberikan setiap tahun.

    8. Seluruh anggota disarankan untuk menerbitkan karyanya. FAM Indonesia telah memiliki penerbitan sendiri dengan sistem self publishing dan penjualan secara online. Menerbitkan buku di FAM Publishing (klik): http://famindonesia.blogspot.com/2012/06/terbitkan-buku-anda-di-penerbit-fam.html.

    9. Seluruh anggota FAM Indonesia disarankan selalu bersikap santun dan menjaga nama baik FAM Indonesia dalam setiap tulisan dan komentar di grup “Forum Aishiteru Menulis (FAM) Indonesia”. Diharapkan pula, ikut memotivasi teman, saudara, kenalan yang belum menjadi anggota FAM Indonesia agar bergabung di wadah kepenulisan Nasional ini. Bergabung di FAM Indonesia (klik): http://famindonesia.blogspot.com/2012/07/panduan-dan-formulir-pendaftaran.html.

    Demikian informasi ini kami sampaikan untuk dapat dimaklumi bersama.

    Salam santun, salam karya.

    FAM INDONESIA
    Pare, Kediri, Jawa Timur
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Panduan Bimbingan Menulis di FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top