• Info Terkini

    Wednesday, August 1, 2012

    Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Surat Tentang Ide Kreatif untuk FAM Indonesia

    Alhamdulillah, kerja Tim FAM Indonesia cepat sehingga tidak membutuhkan waktu hingga tanggal 3 Agustus 2012 untuk mengumumkan nama pemenang lomba ini seperti direncanakan semula. FAM berprinsip, bila pekerjaan sudah selesai jangan menunda-nunda untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Oleh sebab itu, maka diumumkanlah nama-nama pemenang Lomba Menulis Surat Tentang Ide Kreatif untuk FAM Indonesia yang digelar sepanjang bulan Juli 2012 dan berakhir 29 Juli 2012.

    Tim FAM perlu menjelaskan bahwa para pemenang bukan saja menjabarkan ide-ide kreatif yang diusulkannya, tetapi juga dinilai teknik penulisan suratnya. Ada peserta yang menulis surat bagus tetapi isinya tidak ada ide yang disampaikan. Demikian juga sebaliknya, ada peserta yang ide-idenya sangat bagus tetapi tidak disampaikan dengan bahasa surat yang baik dan menggugah. Maka pemenang adalah yang memenuhi unsur keduanya, berbahasa surat yang enak dibaca dan isinya mengandung ide yang mencerahkan.

    Alhamdulillah, sejak lomba ini dimulai hingga berakhir, FAM Indonesia menerima puluhan naskah surat yang sebelumnya dapat dibaca di dinding grup “Forum Aishiteru Menulis”. Surat-surat itu langsung dinilai oleh Tim FAM yang ditunjuk untuk memberikan penilaian. Walau hadiahnya bukanlah sesuatu yang “wah”, tetapi FAM sangat bahagia melihat respon peserta lomba ini yang “membanjir”. Ini membuktikan bahwa anggota FAM Indonesia benar-benar menjadikan lomba ini sebagai ajang mengasah kemampuan, bukan semata untuk mendapatkan hadiah. Kalaupun menang itu hanyalah konsekuensi dari semangat kerja keras yang tidak kenal menyerah.

    Setelah mengingat, menimbang, dan memerhatikan seluruh naskah yang masuk ke meja Tim FAM Indonesia, maka inilah nama-nama pemenang yang berhak menerima sejumlah hadiah yang disediakan FAM Indonesia:

    A. PEMENANG TERBAIK DENGAN IDE PALING KREATIF

    Terbaik 1:
    Nama: Nadia Regina Martanti
    Judul Surat: Ladang Surga yang Disinggahi para Perindu Cinta-Nya

    Hadiah: 1 eks Novel “Rinai Kabut Singgalang” + Piagam Penghargaan FAM Indonesia

    Terbaik 2:
    Nama: Arif Hifzul
    Judul Surat: Semangkuk Ide dan Saran untuk FAM Indonesia

    Hadiah: 1 eks Buku Kumcer “Fesbuk” + piagam penghargaan FAM Indonesia

    Terbaik 3:
    Nama: Darma Wati
    Judul Surat: Memadukan Fiksi dan Nonfiksi

    Hadiah: Buku Kumcer Fesbuk + Piagam Penghargaan FAM Indonesia

    B. ENAM SURAT TERBUKA PILIHAN

    1. Abdul Kadir Halimin (Sejarah dan Impianku Bersama FAM)
    2. Irwan Hasan (Menulis Itu Luas Maknanya)
    3. Rahimah Ib (Sumber Penghasilan FAM)
    4. Mawar Rovita Sari (Majalah FAM Online atau Cetak)
    5. Siti Haryani Chasana (Kemah Pustaka)
    6. Hamdi Alfansuri (FAM Road to School)

    Hadiah:
    Masing-masing mendapat Piagam Penghargaan dan Surat Pilihan didokumentasikan di blog FAM Indonesia. Naskah surat juga akan diterbitkan dalam buku “1 Tahun FAM Indonesia: Dari Aishiteru Menulis ke ‘Puncak Everest’” yang ditulis Ketum dan Sekjen FAM Indonesia (terbit Maret 2013).

    LIMA PEMENANG BEASISWA KTA FAM

    1. Yunita Sepryana (Lomba Menulis Sesuai Tingkatan Umur)
    2. Dara Atunisa (Lejitkan Potensi Mutiara-mutiara Terpendam)
    3. Chika Penyut Mahapeka (FAM Dikenal Lewat Antologi Cerpen)
    4. Azli’ Anak Mumuyiaunkmanzhaa (Usulan Kantor Cabang FAM di Sumut)
    5. Switz Rahayu (FAM Wadah yang Tepat untuk Penulis)

    Hadiah:
    Pemenang mendapat Paket Khusus berupa beasiswa FAM Indonesia dengan pembebasan biaya Kartu Tanda Anggota (KTA) senilai Rp50.000. Masing-masing hanya membayar biaya pendaftaran, sesuai kelas usia (biaya pendaftaran tingkat siswa Rp10.000, mahasiswa Rp15.000 dan umum Rp25.000).

    Semua pemenang dan partisipan dalam lomba surat terbuka kepada FAM Indonesia ini akan mendapat Piagam Penghargaan dari FAM Indonesia. Untuk pengiriman hadiah, FAM akan menghubungi seluruh nama-nama pemenang.

    Demikian Pengumuman ini disyiarkan untuk dapat dimaklumi. Terima kasih atas partisipasi sahabat FAM Indonesia.

    Pare, Kediri, 1 Agustus 2012

    Dewan Juri
    TIM FAM INDONESIA
    www.famindonesia.blogspot.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Surat Tentang Ide Kreatif untuk FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top