• Info Terkini

    Saturday, December 8, 2012

    Sayembara Cipta Cerpen Tingkat Pelajar & Mahasiswa/Umum se-Indonesia

    Tema: Masalah kemiskinan, anak jalanan, dan orang terlantar
    Deadline: 5 Februari 2013 

    Pengumuman Pemenang: 15 Februari 2013

    Setelah sukses menggelar Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi Tingkat Nasional 2012, Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia kembali menggelar event menulis yang difokuskan pada Lomba Cipta Cerpen untuk Pelajar, Mahasiswa/Umum se Indonesia.

    Lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat menulis sekaligus memberikan apresiasi terbaik kepada penulis-penulis muda Indonesia berbakat. Lomba ini  terbuka untuk umum (baik muslim atau non muslim, anggota FAM atau non anggota dan tidak dibatasi usia).

    Ketentuan/kriteria Lomba Cipta Cerpen sbb:

    1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia, termasuk yang berdomisili di luar negeri, tidak dibatasi umur, dan hanya dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/KTP.

    2. Peserta lomba yang telah terdaftar sebagai anggota FAM Indonesia dengan mengantongi nomor ID keanggotaan, tidak dipungut biaya (gratis). Peserta lomba yang belum menjadi anggota FAM Indonesia atau tidak berniat/tidak bisa menjadi anggota FAM, maka harus mengikuti ketentuan sbb:

    a). Bagi peserta lomba yang berstatus pelajar (SD, SMP, SMA) mengirim biaya pendaftaran peserta lomba sebesar Rp 15.000,-

    b). Bagi peserta lomba yang berstatus Mahasiswa/Umum, mengirim biaya pendaftaran peserta lomba sebesar Rp 20.000/-.

    c). Bagi peserta lomba yang berminat menjadi anggota FAM Indonesia harus melakukan registrasi keanggotaan terlebih dulu. Registrasi melalui Sekjen FAM Indonesia, Aliya Nurlela (No. Hp. 0812 5982 1511). Atau add facebook “ALIYA NURLELA DUA.” Setelah melakukan registrasi keanggotaan dan mengantongi nomor IDFAM, maka saat mengikuti lomba tidak perlu membayar biaya pendaftaran.

    d. Pengiriman biaya pendaftaran peserta lomba, melalui nomor rekening Aliyah Nurlaella BNI Cab. Kediri Nomor 0257598722.  Atau rekening Aliyah Nurlaella BRI Cabang Malang Unit Kasembon Nomor 6370-01-003143-53-3. Bukti transfer dikirim via email bersamaan dengan pengiriman naskah.

    3. Naskah lomba harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada lomba yang bersamaan.

    4. Cerpen bertema sosial, khususnya tentang masalah kemiskinan, anak jalanan dan orang terlantar. Cerpen harus mengandung kebaruan, nilai-nilai moral, dan memberi pencerahan kepada pembaca.

    5. Cerpen ditulis/diketik komputer dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

    6. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2013 di web resmi FAM Indonesia di: http://famindonesia.com, atau di grup facebook: “FORUM AISHITERU MENULIS”.

    Syarat Pengiriman Naskah:

    1. Tulisan diketik rapi, ukuran kertas HVS A4/kuarto, panjang 3-6 halaman ketikan, jarak 1 ½ spasi.

    2. Menuliskan biodata Peserta (ditulis dalam bentuk narasi, panjang maksimal 10 baris) yang dilampirkan di lembar akhir naskah cerpen.

    3. Cerpen yang dikirim maksimal 2 (dua) judul.

    4. Nama penulis dicantumkan di bawah judul.

    5. Naskah dikirim dalam bentuk file dan disertai surat pengantar di badan email. Isi surat pengantar adalah menyebutkan nama pengirim naskah, asal daerah, nomor ID (apabila anggota resmi FAM), keterangan naskah tersebut untuk diikutsertakan dalam lomba cipta cerpen tingkat nasional, naskah tersebut karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan.

    6. Naskah dikirim ke panitia via email: forumaktifmenulis@yahoo.com (selambat-lambatnya tanggal 5 Februari 2013). Subjek Email ditulis: LOMBA CIPTA CERPEN FAM INDONESIA

    6. Naskah Cerpen yang diikutsertakan dalam lomba ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis) dan berpeluang dibukukan.

    DEWAN JURI:

    Dewan Juri terdiri dari para penulis senior di kepengurusan FAM Indonesia Pusat.

    Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak dilakukan surat menyurat.

    HADIAH PEMENANG:

    A. Kategori Pelajar
    Juara 1:
    Uang tunai Rp 1.000.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    Juara 2:
    Uang tunai Rp 750.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    Juara 3:
    Uang Tunai Rp500.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    TUJUH CERPEN PILIHAN AKAN MENDAPAT PAKET BUKU DARI SPONSOR.

    A. Kategori Mahasiswa/Umum

    Juara 1:
    Uang tunai Rp 1.500.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    Juara 2:
    Uang tunai Rp 1.000.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    Juara 3:
    Uang Tunai Rp 750.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

    TUJUH CERPEN PILIHAN AKAN MENDAPAT PAKET BUKU DARI SPONSOR.

    Demikian Pengumuman Lomba Cipta Cerpen Tingkat Pelajar, Mahasiswa/Umum ini disampaikan, diharapkan kepada semua pihak dapat menyebarkan informasi ini seluas-luasnya dan semoga bermanfaat.

    Share ke:
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    12 komentar:

    1. Jai that hadiah jih lagoe, hana ke curangan nyan kon?? lop keuno sigoe beh http://pendidikan-dan-teknologi.blogspot.com/

      ReplyDelete
    2. pasti ikut nih keg beginian. wait my story yeah..:)

      ReplyDelete
    3. hhhhmmm,,,,
      ikut laaacchhhh....

      ReplyDelete
    4. hmmm....
      itu biaya buat peserta non-FAM member 20 rb 'kan? Tertulis maksimal dua naskah. Apakah dengan mentransfer 20 rb kita bisa mengirim dua naskah sekaligus??

      Diharapkan responnya ^^

      ReplyDelete
    5. astutiana,sugiastutiDecember 5, 2012 at 5:48 AM

      sudah terkirim semoga bermanfaat tuk orang lain

      ReplyDelete
    6. siap .. dan tunngu jerami jerami ku akan menjadi miang ....

      ReplyDelete
    7. mau tanya, kalau mau gabung di FAM selain melakukan registrasi pada cp yg diinformasikan di atas, dikenakan biaya gak? makasih :)

      ReplyDelete
    8. mau nanyak.... klu gak punya rekening, trus transfer pendaftarannya pake rekening mama boleh? trus, bukti pembayarannya di foto gitu baru dikirim pake email?

      ReplyDelete
    9. 7 cerpen itu yang mana?

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Sayembara Cipta Cerpen Tingkat Pelajar & Mahasiswa/Umum se-Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top