• Info Terkini

    Thursday, September 20, 2012

    Profil Anggota FAM Indonesia: Lin Hana (Jember)

    "Belajar Menulis Lewat Blog FAM Indonesia”

    Lin Hana, nama pena dari Linatul Hasanah. Ia lahir di Dusun Krajan RT. 001/RW.002, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember, pada tanggal 4 Mei 1989. Pendidikan dasarnya di SDN Sukorejo 01 tahun 1995-2001, sempat menempuh pendidikan MI Annuqayah selama setahun. Pendidikan lanjutannya di MTs 1 Putri Annuqayah tahun 2002-2005. Sementara pendidikan menengahnya di MA 1 Annuqayah Putri tahun 2005-2008.

    Perguruan tinggi ditempuhnya juga di Annuqayah; INSTIKA Fakultas Syariah Jurusan Muamalah sekaligus sebagai santri di Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa Raya Putri Blok D No 02.

    Kesukaannya menulis puisi, cerpen, dan resensi buku. Proses menulis cerpen dimulai sejak duduk di bangku MTs kelas dua. Waktu itu ia masih menulis untuk diri sendiri, mading kelas dan blog.  Benar-benar aktif menulis sejak awal masuk sebagai mahasiswa INSTIKA. Sedangkan proses menulis puisinya dimulai sejak tahun 2010. Pada bulan Mei 2012 puisinya yang berjudul “Selusup Resah” dimuat di Majalah Iltizam edisi XIV dan puisi-puisinya yang lain diantologikan bersama anak-anak PERSAL (Persatuan Santri Lenteng).

    Pada 30 Maret 2012, resensi film Di Bawah Naungan Ka’bah yang ditulisnya, mendapat juara ketiga dalam lomba resensi film yang digelar oleh Perpustakaan Lubangsa Putri. Lalu pada bulan Mei 2012, Lin dinobatkan sebagai anggota PERSAL penyumbang karya terbanyak di Mading Harian PERSAL.

    Lin Hana juga senang mencurahkan segala isi hatinya pada buku diary. Menulis dalam buku diary baginya seperti melepaskan beban hidup yang mengganggu hati dan pikiran. Ia juga merasa menjadi dirinya sendiri. Secara tidak langsung kemampuan menulisnya pun ikut terasah.

    Lin mengenal Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia dari teman kamarnya di pesantren. Namanya Iak, ia mendapat kiriman tentang FAM Indonesia dari teman facebooknya. Membaca sepintas tentang FAM, Lin langsung tertarik untuk bergabung. Karena Lin berpikir, bergabung dengan FAM Indonesia akan semakin membantu proses menulisnya di dunia tulis menulis. Dapat belajar banyak dari forum ini tentang dunia menulis. Sekaligus mendidiknya untuk lebih konsisten dalam menulis. Menghasilkan banyak karya.

    Memang ia belum bisa mengikuti event apapun yang diadakan FAM dan tidak bisa selalu aktif mengikuti info-info menulis di grup FAM. Sebab, ia tinggal di pondok. Ia tidak diperkenankan membuka facebook. Walau demikian, ia sudah cukup senang, dengan bisa mengikuti info-info tips menulis dan kegiatan-kegiatan FAM dari blog FAM Indonesia. Ia belajar menulis melalui blog FAM tersebut.

    “Semoga FAM dapat membantu perjalanan menulisku.” Doanya penuh harap. Bagi sahabat FAM yang ingin silaturahim dengan Lin Hana, dapat dihubungi via email: linabobol@yahoo.co.id/ linhana.05@gmail.com. Facebook: Ziey Ajie. Weblog: linabobol.blogspot.com.

    [sumber: www.famindonesia.blogspot.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: Lin Hana (Jember) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top