• Info Terkini

    Tuesday, September 4, 2012

    [Profil Anggota FAM Indonesia] NoorSalim Hs (Sri Mursalim)

    “Mahasiswa LIPIA yang Ingin Jadi Novelis Seperti Habiburrahman El-Shirazy”

    NoorSalim Hs adalah nama pena dari Sri Mursalim. Ia mengantongi nomor ID-FAM125U, anggota FAM Sukoharjo. Lebih dikenal dekat melalui facebook dengan nama Abu Hassan AbdurRahman dan twitter: @SalimMoors dan bisa dihubungi melalui email: sr.mursalim@gmail.com.

    Lahir pada bulan Juni 1987 di Sukoharjo, Jawa Tengah. Membaca adalah hobinya sejak kecil, terutama buku-buku agama Islam. Tapi ia mulai tertarik pada dunia tulis-menulis pada tahun 2011.

    Waktu kecil kedua orangtuanya transmigrasi ke Kalimantan Barat. Ia tidak mengecap pendidikan TK (Taman Kanak-Kanak) karena ketika itu di sana belum didirikan. Sehingga bangku SD (Sekolah Dasar) menjadi tempat belajar pertama kali yang ia peroleh dari luar. Namun hanya sampai kelas 4 saja ia belajar di SD Negeri 26 Trans Sejadis yang terletak di Pulau Kalimantan itu karena kemudian ia harus pindah ke SD Negeri Pondok 03, Sukoharjo, dekat dengan tempat kelahirannya.

    Selama dua tahun ia belajar di sana hingga kemudian lulus pada tahun 1999, lalu ia melanjutkan belajarnya di SLTP Negeri 1 Baki, Sukoharjo hingga lulus pada tahun 2002. Setelah mendaftar, ia pun diterima di SMK Negeri 2 (STM Negeri 1) Surakarta dengan mengambil jurusan teknik elektro (Teknik Audio Video). Setelah lulus pada tahun 2005, ia memutuskan untuk menimba ilmu agama Islam di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq, Surakarta.

    Di kampus itulah ia sedikit-sedikit mengerti bahasa Arab. Setelah mendapatkan ijazah D2, ia bersama teman-temannya merantau ke Jakarta untuk mendalami bahasa Arab lebih dalam lagi. Dan akhirnya Allah pun mengabulkan doanya sehingga ia dan semua teman-temannya yang mendaftar bersamanya diterima di salah satu universitas yang merupakan salah satu cabang dari Universitas Jami’atul Imam Muhammad bin Su’ud, Saudi Arabia. Hingga sekarang ia masih resmi tercatat sebagai mahasiswa LIPIA Jakarta yang beralamat di Jl. Buncit Raya No. 5A Ragunan, Jakarta Selatan POBOX 3345 JAKARTA 10002.

    Pada akhir tahun 2009, Noorsalim membaca novel “Ketika Cinta Bertasbih (KCB)” karya Ustad Habiburrahman El-Shiraziy yang dulu pernah mengajarnya mata kuliah Hadits selama satu semester saat dia kuliah di Ma’had Abu Bakar As-Shiddiq. Dari novel yang pertama kali ia baca itu akhirnya membuat ia mulai tertarik pada sastra Indonesia.

    Pada tahun 2011, ia mulai menyukai menulis saat event-event menulis dan grup-grup kepenulisan bermunculan di facebook. Ia pun ikut dalam sebagian besar event-event menulis dan bergabung dalam grup-grup kepenulisan itu untuk belajar dan mengasah tulisannya. Salah satu grup kepenulisan yang ia ikuti adalah Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Alasan utamanya bergabung bersama FAM Indonesia adalah karena memiliki visi dan misinya yang sama dengan keyakinannya, yaitu berdakwah lewat tulisan (ad-da’watu bil qalam). Visi dan misi itu diketahuinya setelah ia membaca profil FAM Indonesia yang dikirim langsung oleh Sekjen FAM Indonesia kepadanya. Noorsalim pun resmi menjadi anggota FAM Indonesia, tidak lama setelah FAM Indonesia berdiri. Beberapa event telah digelar oleh FAM Indonesia, tapi ia mengaku belum bisa mengikuti semua event yang diadakan FAM. Baru satu event saja yang diikuti, yaitu  Lomba Cipta Cerpen dan Cipta Puisi tingkat Nasional 2012.

    Setelah menunggu hampir empat bulan, kabar baik menghampirinya. Saat FAM Indonesia mengumumkan para nominator pemenang lomba tersebut pada tanggal 31 Agustus 2012. Cerpennya yang berjudul “Pedasnya Facebook” masuk menjadi salah satu nominator. Ia bersyukur tim juri FAM bersedia melirik naskahnya dan layak menjadi salah satu nominator. Kebahagiaannya bertambah, saat final pengumuman pemenang lomba, cerpennya terpilih sebagai salah satu cerpen pilihan yang berhak mendapatkan hadiah. Meskipun belum menjadi yang terbaik, ia sangat senang namanya bisa tercatat sebagai salah satu pemenang dalam lomba bergengsi tingkat nasional itu. Hal inilah yang mencuatkan rasa optimisnya untuk terus berkarya bersama FAM Indonesia dan mengikuti event-event berikutnya yang akan digelar FAM Indonesia.

    NoorSalim sudah menerbitkan karyanya pada beberapa antologi, di antaranya: Curahan Hati untuk Tuhan (LeutikaPrio, Juli 2011), Serba-Serbi 14 Februari (Ae Publishing, Maret 2012), A Memorable Journey (Dar-Insyirah, April 2012), Presiden untuk Presidenku (SANY Publishing, April 2012), MONI: Motivasi Mini (27 Aksara, Mei 2012), Merindu Rasul Dalam Sajak (Penerbit Seruni, Juni 2012), Ayat-Ayat Ramadhan (AG Publishing, Juli 2012), dan Ketika Penulis Kebelet Nikah (segera terbit), dll.

    Meski ia adalah orang biasa, cita-cita terbesarnya dalam dunia kepenulisan adalah menelurkan buku yang hingga akhir zaman tetap dibaca dan bermanfaat bagi seluruh dunia, minimal orang-orang Indonesia. Tentu saja itu sebuah cita-cita yang mulia.

    [sumber: www.famindonesia.blogspot.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: [Profil Anggota FAM Indonesia] NoorSalim Hs (Sri Mursalim) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top