• Info Terkini

    Saturday, September 8, 2012

    Semangat “Aishiteru Menulis” di SMP Negeri 2 Padang Panjang

    SISWA SMP NEGERI 2 PADANG PANJANG

    Padang Panjang (Koran-Cyber.com) – Sebanyak 70 siswa kelas 1, 2, dan 3 SMP Negeri 2 Padang Panjang, Sumatera Barat, Sabtu (8/9), mengikuti Pelatihan Menulis Kreatif di sekolah itu. Nara sumber berasal dari Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Padang Panjang dan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

    Kegiatan ini diprakarsai PPWI dan FAM Indonesia bekerjasama dengan SMP Negeri 2 Padang Panjang yang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti pelatihan itu.

    Nara sumber dari PPWI Padang Panjang menghadirkan D.D. Datuk Sati (wartawan Harian Haluan) dan Musriadi Musanif, S.Th.I (wartawan Harian Singgalang) yang keduanya merupakan pengurus PPWI Padang Panjang. Sementara dari FAM Indonesia menghadirkan Muhammad Subhan, Ketum FAM Indonesia.

    Dalam pemaparannya Ketum FAM Indonesia Muhammad Subhan menyebutkan, syarat menjadi seorang penulis harus ABG. Yang dimaksud ABG adalah Aktif, Baca, dan Gaul.

    “Seorang penulis harus aktif menulis kapan saja. Adalah mimpi bila ingin jadi penulis tetapi tidak pernah menulis,” ujar Muhammad Subhan yang mengaku sedang merampungkan sebuah novel remaja berjudul “Cinta Regu Badak”.

    Selanjutnya, kata Muhammad Subhan, seorang penulis harus rajin baca buku dan membaca apa saja, termasuk koran, majalah, berita-berita di internet dan lainnya. Dengan membaca seorang penulis memiliki banyak perbendaharaan kata.

    “Terakhir harus gaul, tidak kuper. Artinya, hadiri pertemuan-pertemuan seni, diskusi-diskusi buku, pameran, pementasan teater, lomba baca puisi, dan lainnya. Dari pergaulan itu, penulis dapat berkomunikasi dengan penulis-penulis lainnya, juga ikut berbagi ilmu dan pengalaman,” katanya.

    Sementara nara sumber dari PPWI Padang Panjang D.D Datuk Sati dan Musriadi Musanif membahas dasar-dasar jurnalistik khususnya cara wartawan menulis berita dan bagaimana mendapatkan berita. Dari materi itu diharapkan peserta akan mampu menulis liputan khususnya kegiatan-kegiatan di sekolah untuk di muat di majalah dinding (mading).

    “Ini agenda pelatihan perdana, minggu dan dan minggu-minggu berikutnya akan kita lanjutkan kembali di sekolah ini dan sekolah-sekolah lainnya,” tambah D.D. Datuk Sati.

    [red/koran-cyber]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Semangat “Aishiteru Menulis” di SMP Negeri 2 Padang Panjang Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top