• Info Terkini

    Sunday, November 25, 2012

    Surat dari Ustad Mukhlis Denros, Penulis Buku “Andai Aku Tahu Dosa Itu Ada” untuk FAM Indonesia


    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Alhamdulillah dan terima kasih dengan diterimanya saya sebagai anggota FAM Indonesia. Senang dan bangga bisa sama-sama dalam wadah seprofesi untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Selama ini saya hanya berbuat dan bekerja sendiri di belakang meja secara otodidak karena panggilan dakwah bil qalam [dakwah melalui tulisan] dengan sedikit bekal dari kampus mengikuti Latpersma [Latihan Pres Mahasiswa] IAIN Raden Intan Lampung tahun 1985 di Tanjung Karang. Selain itu ikut diskusi dengan wartawan senior Naim Emel Prahana di Metro yang pernah memuat Profil saya di Harian Singgalang.

    Semangat untuk menulis semakin besar dikala berbagai tulisan dimuat pada harian Lokal dan Nasional seperti Harian Sentana dan Swadesi, majalah Serial Khutbah Jum'at Jakarta, Majalah Estafet, majalah Sabili dan Majalah Al Muslimun Bangil. Hasil dari Latpersma maka diluncurkanlah koran kampus untuk Akademika IAIN Lampung dengan nama Raden Intan Pos, saya sebagai reporter di IAIN Cabang Metro dengan berbagai liputan terhadap kegiatan mahasiswanya.

    Tamat kuliah saya tinggalkan Metro Lampung, menuju kampung halaman, walaupun tidak di Pariaman sebagai kampung orangtua, saya berkiprah di Solok, sebagai guru honor di SMK Budi Mulia dan MTSN di Koto Baru, kemudian sebagai dosen di PGTK Adzkia Padang. Di sela-sela kesibukan mengajar dan dakwah, berbagai tulisan saya pun dimuat di Harian Singgalang, harian Semangat, Harian Mimbar Minang dan Media Rakyat, akhir-akhir ini Tabloid Sumbar Post pun memuat tulisan saya yang sekaligus mencamtumkan nama saya sebagai Staf Ahli. Melalui Yayasan yang saya dirikan bersama teman-teman mempublikasikan Buletin Dakwah Garda Anak Nagari yang disebarkan di setiap masjid di Solok, semua tulisan itu bernuansa Islam dengan tajuk dakwah, sosial dan pendidikan.

    Karena semangat untuk menambah ilmu tentang tulis menulis dan kewartawanan, saya pun mengikuti kursus jarak jauh via pos di Grobogan mengenai "Wartawan Islam" yang dipromosikan oleh Majalah Sabili.

    Tahun 1999 kesempatan saya duduk di DPRD Kabupaten Solok tidak menyurutkan semangat untuk menulis, bahkan mimbar untuk menyampaikan pandangan umum anggota dan pendapat akhir fraksi DPRD saya gunakan untuk mengasah pena saya dengan mengkritisi segala kebijakan Pemda dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Di lembaga dewan saya merasakan benar penting dan untungnya bisa menulis sehingga julukan “D5” [Datang, Duduk, Diam, Dengkur dan Duit] Insya Allah tidak melekat pada pribadi saya.

    Sudah puluhan naskah buku yang saya ajukan ke penerbit dan sudah sekian ratus artikel saya bawa menemui pimpinan redaksi, semuanya ditolak karena berbagai sebab, tapi kekecewaan mendewasakan saya dan terobati walaupun hanya satu tulisan yang nongol dan satu buku yang diperkenankan terbit.

    Alhamdulillah, sejak tahun 1984 hingga kini sudah ratusan saya tampil di media termasuk dunia maya seperti Republika.co.id dan Koran-Cyber.com dan sudah tujuh buku yang diterbitkan, terakhir Insya Allah akan terbit buku baru dari FAM Publishing dengan judul "Andai Aku Tahu Dosa Itu Ada". Dengan terbitnya buku ini menambah energi baru untuk menyegarkan semangat dan menaikkan motivasi saya untuk selalu berdakwah via qalam, apalagi dengan resmi saya telah masuk dalam komunitas yang sefikrah [satu fikiran] dan semuyul [satu kecendrungan] dunia tulis menulis di FAM Indonesia dengan Nomor ID-FAM 1035U, untuk belajar bersama sejak dari buaian bunda hingga berakhir kelak ketika liang lahat menganga.

    Semoga dengan FAM sebagai wadah silaturahim dan peningkatan kapasitas saya dalam dunia tulis menulis mendapat pelajaran yang banyak dan bermanfaat untuk kepentingan dakwah pribadi, keluarga, dan masyarakat hendaknya, Amin.

    Wassalamua'alaikum Wr. Wb.
    Drs. Mukhlis Denros
    Solok, Sumatera Barat
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surat dari Ustad Mukhlis Denros, Penulis Buku “Andai Aku Tahu Dosa Itu Ada” untuk FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top