• Info Terkini

    Friday, October 19, 2012

    Cara Mengatasi Rasa Takut Menulis

    Penulis merupakan pekerjaan yang dapat dibilang susah-susah-gampang atau gampang-gampang-susah, itu tergantung dari tekad seseorang untuk menjadi seorang penulis. Salah satu hambatan yang dapat membuat seorang penulis tidak mau menulis adalah apabila hasil karya tulisannya tidak dapat diterima oleh siapapun. Sehingga seringkali seorang penulis akan merasa takut apabila tulisannya akan ditolak, dan hal inilah yang dapat menghilangkan sifat kreativitas seorang penulis.

    Berikut di bawah ini adalah salah satu cara untuk mengatasi rasa takut akan penolakan terhadap hasil karya seorang penulis, yaitu:

    1. Akuilah rasa takut akan penolakan tersebut. Rasa takut akan terus menghantui kita apabila kita masih belum dapat mengakui rasa takut tersebut. Terkadang memang sulit untuk memahaminya tetapi hal ini harus dikuasai terlebih dahulu.

    2. Cari akar penyebab rasa takutnya. Dengan mengetahui akar penyebab rasa takut tersebut maka dapat membantu melepaskan diri dari kejadian yang tidak menyenangkan di masa yang lalu. Terapi dan pembinaan hidup mungkin dapat membantu menjelajahi ketakutan tersebut.

    3. Rayakan kegembiraan walau kecil. Tidak mengapa untuk menjadi takut atau ditolak. Rasa takut yang dimiliki bukan berarti kita gagal atau tidak memiliki keberanian. Luangkan waktu untuk merayakan sesuatu setiap kali kita melangkah keluar dari zona kenyamanan dan biarkan saja apabila ada penolakan.

    4. Ambil langkah solusi yang praktis. Cobalah untuk melakukan soft launch tulisan ke beberapa teman dekat untuk dimintai pendapatnya terhadap tulisan kita sebelum dipublish. Melakukan afirmasi positif dan jurnal juga merupakan solusi yang bagus untuk melawan rasa takut kita. Intinya adalah kita harus bertindak mengatasi rasa takut tersebut.

    Dengan mengetahui dan berusaha untuk mengatasi rasa takut yang hinggap di dalam diri seorang penulis, mudah-mudahan dapat mengatasi masalah yang menyebabkan matinya kreativitas untuk menulis. Jangan pernah menyerah apalagi berhenti untuk menuliskan sesuatu yang telah menjadi hobi kita. Jangan pernah berganti ke arah yang lain apabila kita belum mendapatkan kesuksesan dari menulis karena sesuatu yang sering berubah-ubah dapat membuat sesuatu menjadi mentah kembali. Selamat berkarya dan teruslah melangkah.

    Sumber: http://www.elwara.com

    Share ke:
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Mengatasi Rasa Takut Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top