• Info Terkini

    Saturday, October 27, 2012

    Lomba Menulis Surat: “Baru Sebulan Gabung di FAM Mampu Rampungkan Naskah Kumpulan Cerpen”

    Dumai, 25 Oktober 2012
    Teruntuk FAM yang baik
    di-
    Pare

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Sahabat FAM yang baik hati. Hari ini aku sisihkan waktuku disaat aku berada di kampung dengan modem yang sinyalnya tidak sebegitu baik. Sebelumnya aku ingin berterima kasih kepada FAM karena dengan adanya FAM ini aku bisa menulis fiksi, tidak sebelum aku mengenal adanya FAM ini, aku hanya menulis artikel-artikel teknologi tanpa mengetahui EYD yang tertera pada tulisanku.

    Tidak terlintas di pikiranku saat itu (3 bulan lalu) untuk menulis cerita yang berlatar belakang seperti cerpen maupun yang berbentuk fiksi lainnya. Setelah aku mengenal FAM aku mencoba untuk mempelajari sedikit demi sedikit dari blog FAM yang terdapat tulisan-tulisan yang menarik perhatianku. Aku mulai dari awal tulisan yang ada di blog FAM, tiap hari itu saja yang aku baca hingga teman satu kamarku mengatakan kalau aku "master teknologi." Sebenarnya itu bukanlah sebuah pujian melainkan sindiran yang ia layangkan kepadaku. Tapi semangat ini belum patah, karena keinginan yang kuat untuk bergabung dengan FAM akhirnya aku memutuskan untuk bergabung.

    Selang beberapa hari bergabung dengan FAM aku banyak mengenal penulis yang handal, baik itu di dalam FAM maupun di akun Kompasiana. Hal itu membuat aku minder karena mereka jago dalam merangkai kata menjadi kalimat yang luar biasa, apalagi di Kompasiana. Setiap kali aku memposting tulisanku mengenai fiksi pasti yang aku dapatkan komentar yang membuat aku jatuh. Tapi itu semua kuanggap sebagai komentar yang membangun untuk menjadikan aku lebih baik lagi.

    Melihat mereka yang bisa dalam hal menulis aku menjadi iri. Tidak ada sedikitpun dari teman yang berada di dunia nyata yang mendukungku untuk untuk berpartisipasi sebagai penulis, hanya teman di dunia maya yang mau mensupportku, meskipun tidak banyak. Aku senang mengenal FAM, mengenal banyak penulis yang berbakat dengan tulisannya.

    Kemarin baru saja aku pulang ke kampung, adikku menanyakan kepadaku.

    "Bang bagaimana cerpen yang abang kirimkan ke banyak tempat itu, Bang? Apa menang semua? Apa abang dapat hadiahnya?"

    Suatu hal yang mengejutkanku karena pertanyaan itu. Memang sih setelah mengenal FAM dua hari langsung mengobarkan semangatku untuk menulis cerpen, puisi dan aku layangkan pada tiap tempat yang mengadakan lomba itu. Tapi alhasil semua keluar dengan hasil "GAGAL" alias tidak diterima sama sekali, belum lagi komentar mereka yang serasa membuatku jatuh. Karena hal itu aku mempelajari tatacara menulis yang benar dengan bantuan tulisan FAM di blog dan juga “mbah google”ku.

    Sekarang sudah beberapa bulan mengenal FAM, aku merasa tertarik untuk membuat sebuah buku, dengan targetan hanya dalam 1 bulan menulis kumpulan cerpen, dan alhamdulillah selesai. Terima kasih FAM.

    Mungkin tiada kata indah yang bisa kurangkai dalam suratku ini, tidak seperti surat mereka yang lainnya. Tapi aku menulis surat ini dengan hiasan hatiku yang senang setelah berbagai macam rintangan yang kulewati untuk bisa mengenal FAM dan menjadi sahabat baiknya.

    Wassalamualaikum. Wr. Wb.

    Ahmad Saadillah
    FAM Pekanbaru, IDFAM 974M
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomba Menulis Surat: “Baru Sebulan Gabung di FAM Mampu Rampungkan Naskah Kumpulan Cerpen” Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top