• Info Terkini

    Sunday, November 25, 2012

    Novel Laskar Pelangi Tembus 25 Penerbit Dunia

    Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata telah menembus 25 negara di dunia dan serentak akan dirilis pada Januari 2013 mendatang. Tak tanggung-tanggung novel yang berlatar belakang Desa Belitong (Kepulauan Riau) ini telah berhasil menembus pasar New York, pasar buku terbesar di dunia.

    "Saya tak menyangka sekaligus sangat bangga, karena dengan ini saya telah mengharumkan nama Indonesia, mungkin saya adalah penulis dari Indonesia pertama yang menembus pasar New York, itu sulit sekali," tutur Andrea Hirata di Jakarta beberapa saat lalu.

    Untuk di Amerika, Laskar Pelangi versi bahasa Inggris dengan judul The Rainbow Troops akan diterbitkan oleh Farrar, Straus and Giroux (FSG) yang merupakan penerbit terbaik di Amerika. Buku-buku terbitan FSG, sebagian besar adalah buku penerima Nobel, seperti Pablo Neruda, Seamus Heaney dan Mario Vargas Llosa, sehingga novel karya Andrea pun digadang-gadang akan segera menyusul menerima Nobel.

    "Saya tidak menyangka, saya percaya invisible hand yang turut-campur tentang ini semua. Bayangkan saja, saya adalah orang kampung dan pemimpi yang karyanya akan diterbitkan oleh FSG," ungkapnya.

    Lebih lanjut Andrea mengatakan bahwa hal ini adalah peristiwa besar bagi bangsa Indonesia. Ini adalah momentum untuk membangkitkan kembali dunia sastra Indonesia yang sempat melesu.

    “Hal ini memang tantangan baru buat saya. Saya mau Indonesia tahu kalau karya sastra Indonesia sudah mulai go Internasional, ini peristiwa besar bagi bangsa Indonesia," kata pemilik nama asli Andrea Hirata Seman Said Harun tersebut. (Rere Kumampung)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Novel Laskar Pelangi Tembus 25 Penerbit Dunia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top