• Info Terkini

    Wednesday, October 17, 2012

    Ini Dia Novelis Favoritku

    Novel tidak saja sebagai bahan bacaan hiburan bagi pembacanya sobeX tetapi juga memberikan pelajaran-pelajaran yang berharga dari kisah yang ditulis para novelis. Tidak sedikit bagi pembaca novel yang terkagum-kagum dengan karya mereka. Bermula dari cerita novellah pembaca mulai melirik siapa pengarangnya.

    Tentu tidak saja dari karyanya sobeX, tetapi pembaca juga akan memandang siapa yang membuat tulisan panjang tersebut. Tulisan-tulisan tersebut biasanya mencerminkan dari kepribadian pengarangnya sendiri. Seperti yang kita kenal dari Habibur­rahman El-Shirazy yang novelnya bernuansa religius sobeX. Pembaca juga mempunyai selera masing-masing dalam membaca novel. Ada yang suka membaca novel yang bergenre religius, asmara, dan lainnya tergantung selera masing-masing. Makanya dari pembaca novel ia juga akan punya siapa novelis favoritnya.

    Seperti Yopi Mairizon, mahasiswa Unand ini mengaku Muhammad Subhan adalah novelis favoritnya sobeX. “Banyak hal yang mendasari bisa menjadikan beliau sebagai novelis favorit saya sobeX. Satu dari sekian banyak alasan adalah novelis Muhammad subhan atau yang akrab di sapa Bang Aan merupakan novelis yang membawa unsur budaya dan kehidupan masyarakat di tempatnya berdomisili. Novel beliau yang populer di kalangan pelajar maupun umum adalah Rinai Kabut Singgalang. Aku kagum sekali dengan novelnya. Sebuah kisah perjalanan hidup yang salah satu latar atau tempatnya adalah suasana Sumatera Barat. Di sini letak ketertarikan aku dengan novelnya. Novel tidak hanya dijadikan bacaan saja tetapi juga harus bermakna dan ada feedback positifnya,” ujarnya.

    Ternyata memang, Yopi tidak hanya melihat dari karya seorang novelis saja sobeX tetapi ia juga melirik siapa pengarangnya. Cowok ini mengaku menyukai kepribadian dari sosok novelis favoritnya. “Selain dari karyanya, aku juga menyukai kepribadiannya yang selalu menularkan ‘virus-virus’ menulis kepada generasi muda sobeX. Ia pun juga bersikap terbuka terhadap siapa saja yang ingin sharing dengan beliau mengenai tulis-menulis. Menurut aku, beliau novelis yang mendidik. Harapan aku dengan munculnya karya-karya seperti beliau, semoga Sumatera Barat ke depannya dapat melahirkan para novelis-novelis ternama sobeX,” ujar cowok ini.

    Ketertarikan kita dengan sebuah novel juga terkait dengan proximity atau kedekatan peristiwa dengan pembaca dalam kehidupann sehari-harinya sobeX. Berbagai peristiwa yang diangkat dari kisah dalam novel tersebut terjadi di dekat lingkungan kita atau di sekitar kehidupan sehari-hari. Orang-orang akan tertarik dengan kisah-kisah yang menyangkut dengan kehidupan mereka sobeX, seperti kelurga, teman-teman mereka, atau kota mereka. Contohnya saja Yopi yang barangkali juga orang Minang yang berdomisili di Sumatera Barat merasa dekat dengan novel Muhammad Subhan yang latarnya juga Ranah Minang sobeX.

    Pembaca novel akan semakin menaruh perhatian kepada novelis favoritnya sobeX. Apalagi karya-karya dari para novelis bisa memberikan motivasi yang membangun. Tidak takut bermimpi untuk meraih yang lebih tinggi sobeX. Seperti Athifa Nabila Risti, ia tidak takut bermimpi sobeX setelah membaca karya dari Andrea Hirata. “Aku suka banget dengan novel karya Andrea Hirata sobeX. Karena dari novel-novelnya banyak hal yang dapat kita ambil, seperti semangat untuk meraih mimpi-mimpi. Itulah yang membuat aku berani untuk bermimpi untuk meraih cita-citaku sobeX,” ujar siswa SMAN 1 Padang ini.

    Kalau Juhendra Halim, ia lebih menyukai jenis novel detektif Sir Athur Conan Dayle karya Sherlock Holmes sobeX. “Novelis favoritku Sherlock Holmes sobeX, karena novelnya menceritakan bagaimana mengenai petualangan Sherlock Holmes sebagai detektif konsultan yang bahkan mampu memecahkan kasus tanpa beranjak dari rumahnya sobeX. Analisanya sangat masuk akal sobeX. Walaupun sudah bisa dibilang novel veteran, novel ini juga menjadi inspirasi hadirnya anime atau manga Detektif Conan di masa sekarang. Novel ini juga telah difilmkan. 

    “Menurut aku Sherlock Holmes adalah novelis detektif terhebat sejagat sobeX,” ujar cowok ini.

    Namun, ada juga pembaca yang tidak hanya memavoritkan satu novelis saja, tetapi ada di setiap genre novelnya. Seperti Usi Wulandari, “Kalau aku suka Habiburrahman El Shirazy, selain nilai religiusnya yang kental, alur ceritanya nggak cepat bosan, setiap kata-katanya mengandung arti yang nggak bisa cuma sepintas baca saja. Bahkan ada salah satu chapternya yang berulang kali aku baca saking ingin tahu makna sebenarnya. Kalau yang komedi aku suka Raditya Dika, selain kata-katanya yang sering ngelantur, tapi setiap lelucon itu punya pesan tersirat, nggak sembarang lucu aja. Nah, kalau mau yang ngasah otak, aku lebih suka baca novel Harry Potter, banyak analisisnya. Mereka semua bisa menginspirasi akulah sobeX,” ujar mahasiswi Farmasi Unand yang lagi proses membuat novel juga sobeX. (*)

    [Red/Administrator]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Dia Novelis Favoritku Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top