• Info Terkini

    Wednesday, October 17, 2012

    Penerbitan Antologi Puisi Karya Anggota FAM Indonesia Wilayah Sumatera Barat

    Salam karya!

    Berawal dari bincang-bincang santai di forum chat Facebook serta ditindaklanjuti pada acara Kopi Darat FAM Sumatera Barat beberapa hari yang lalu, sebagai salah satu bentuk pernyataan serta pengejawantahan deklarasi atas telah eksisnya FAM Indonesia Wilayah Sumatera Barat secara organisasi maka telah diambil kesepakatan bersama untuk menulis dan menerbitkan sebentuk buku antologi puisi bersama karya anggota FAM Sumatera Barat dengan memuat profil seluruh anggota FAM Sumatera Barat yang aktif tahun ini.

    Insya Allah, proyek antologi ini tidak akan berhenti sampai di situ saja karena setelah buku tersebut rampung dan diterbitkan maka selanjutnya akan ada pula Proyek Antologi Cerpen Bersama yang rencananya akan disusun dengan pola yang sama. Maka target awalnya diharapkan menjelang Milad ke-1 FAM Indonesia nanti di Pare, dari Ranah Minang sudah bisa mempersembahkan dua buah buku karya anggotanya untuk diluncurkan tepat saat peringatan Milad tersebut.

    Kenapa FAM Indonesia Wilayah Sumatera Barat mengawali langkah organisasi ini di Sumatera Barat dengan menerbitkan buku? Ini merupakan sebuah bentuk kesyukuran atas berkah dan rahmat dari Allah SWT atas tegaknya bendera FAM Indonesia di Sumatera Barat. Karena dengan itu pulalah kami memiliki bekal untuk mensosialisasikan FAM Indonesia ke seluruh pelosok Wilayah Minangkabau. Sungguh sangat beruntung pula rasanya bisa tergabung dalam FAM Sumatera Barat karena beberapa penulis, sastrawan dan seniman senior dan mumpuni di bidangnya nyatanya berdomisili di Sumatera Barat dan juga sebagiannya sudah pula bergabung memperkuat serta membumikan FAM Indonesia di wilayah Ranah Bundo Nan Tacinto. Sebuah potensi yang sesungguhnya maha dahsyat bila bisa dikelola dan dimanajerial dengan baik. Bahkan Ketua Umum FAM Indonesia juga "basawah baladang sarato baranah batapian" di Sumatera Barat tepatnya di kota sejuk dan dingin Padangpanjang.

    Ke depan, banyak pula yang bisa diperbuat. Pembenahan lini organisasi, termasuk juga pembentukan pengurus cabang-cabang FAM di Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, sebagaimana lazimnya tugas pengurus dalam masa transisi serta penggalian potensi menulis melalui berbagai iven dan anjangsana juga sudah patut pula untuk dipikirkan dan dituangkan ke dalam rencana kerja. Semoga semangat aishiteru menulis dapat membahana membara di Sumatera Barat dengan dukungan dan partisipasi nan utuh dari seluruh anggota FAM. Di situlah kekuatan sebuah langkah dan gerakan.

    Maka sebagai langkah awal khusus kepada seluruh anggota FAM Sumatera Barat Bapak/Ibu/Saudara: Sutan Mukhlis Denros, Sherly Adra Pratiwi, Hasan Asyhari, Irwan Hasan, Denni Meilizon, Fadhilla Amelia, Befaldo Angga, Nurida Sari, Salmizul Fitria, Yosi Gusnilawati, Eka Susanti, Ervyta Sari, Hamidah, Sepri Ayu, Surya ikhsan Diputra, Refdinal Muzan, Rahmizakia Rifka, Desri Erniza, Nuh Rafi, Zul Hasibuan, Karni Ushalli, Darwin Ritonga, dan Irzen Hawer (mohon ditambahkan kalau ada yang tidak tersebut namanya, nama berdasarkan data dari FAM Indonesia Pusat) mohon izin saya atas nama Pengurus Harian FAM Sumatera Barat meminta berkenan para sahabat semuanya untuk mengirimkan profil melalui email dennimailizon@ymail.com. Bagi yang ingin berpartisipasi, alamat email tersebut juga digunakan untuk mengumpulkan naskah puisi para sahabat sebagai bahan penerbitan buku puisi antologi bersama FAM Indonesia Sumatera Barat.

    Terakhir seperti kata pepatah Minangkabau "Panakiak pisau sirauik, Ambiak galah batang lintabuang, Salodang ambiak ka nyiru, Nan satitiak jadikan lauik, Nan sakapa jadikan gunuang, Alam takambang jadikan guru. Bungka ganok manahan cubo, Ameh batu manahan uji, Naraco pantang bapaliang, Anak nagari sakato hati, Satapak bapantang suruik, Salangkah pantang kumbali"... mari kita bergerak!

    DENNI MEILIZON [FAM906U-PADANG]
    Sekretaris FAM INDONESIA Wilayah Sumatera Barat
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Antologi Puisi Karya Anggota FAM Indonesia Wilayah Sumatera Barat Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top