• Info Terkini

    Sunday, October 7, 2012

    Profil Anggota FAM Indonesia: Befaldo Angga (Padang)

    "Calon Arsitek yang Menyukai Seni Sastra”

    Befaldo Angga, dilahirkan di Kota Padang, pada tanggal 11 Oktober 1990. Lahir dari seorang Ayah bernama Nazril dan Ibu yang bernama Ratna Dewi ini sangat menyukai dunia membaca semenjak kecil. Pernah bersekolah di Taman Kanak-Kanak Taratak Minang di Lubuk Buaya pada tahun 1994-1995, lalu di Sekolah Dasar Negeri 29 Padang di tahun 1996-2002, kemudian melanjutkan sekolah di SMPN 34 Padang pada tahun 2002-2005, dan menyambung pada jurusan Gambar Bangunan SMKN 5 Padang pada tahun 2005-2008.

    Setamat sekolah, Ia diterima dijalur PMDK pada Universitas Negeri Padang Jurusan Teknik Sipil. Sekarang bekerja di PT Tata Bumi Andalas, sebuah perusahaan properti. Berdomisili di Perumahan Palapa Saiyo blok A5 No. 5 Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.
    Menyukai dunia sastra semenjak kelas 3 SMP. Waktu pelajaran Bahasa Indonesia, disuruh membuat puisi dan membacanya sekaligus, dan puisinya yang berjudul “Hijaunya Daun” terpilih sebagai puisi terbaik di kelas. Sejak itu, selalu mencoba membuat puisi dan membukukannya dengan sebuah buku tulis.

    Pernah pula menjadi penulis artikel terbaik pada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan judul “KPK Pengawal Uang Rakyat” se-SMK Negeri 5 Padang. Di waktu yang sama pula, puisi yang berjudul “Merangkai Langkah”, terbit di Koran Singgalang Padang untuk pertama kalinya.

    Semakin termotivasi menulis sejak menjuarai lomba cipta puisi dengan tema “Islam dan Nasionalisme” se-Universitas Negeri Padang di tahun 2010. Puisinya waktu itu berhasil menjadi juara pertama, dengan puisi yang diberi judul “Perjoeangan, Awal dan Akhir”. Ia berusaha menyelesaikan novel berjudul “Danau Diatas” dan “Di Hadapan Nabi”. Telah berhasil menyelesaikan enam buah cerpen dengan variasi tema yang berbeda.

    Menurutnya, dunia sastra baginya hanyalah penopang bagi minatnya pada arsitektur. Sebab, arsitektur sangat berhubungan dengan keindahan alur pikir manusia, yang sangat mudah dituangkan ke dalam bentuk sebuah tulisan. Angga juga sangat menyukai keberanian seorang Khalid Bin Walid r.a, menyukai keindahan seni seorang Jalallaludin Ar Rumi, dan sangat menyukai seni arsitektur seorang Le Corbusier.

    Forum Aktif Menulis Indonesia diperkenalkan oleh Ketua Umum FAM, Muhammad Subhan kepadanya. Ia berpikir, ini adalah sebuah peluang emas untuk mengembangkan diri, sebab organisasi ini sangat baru. Selain bisa mengembangkan bakat menulis, juga bisa belajar bagaimana berorganisasi dengan baik. Selain itu, melalui FAM Indonesia, dapat membangkitkan kembali semangat Rang Minang yang dulu menguasai hampir seluruh bagian sastra Indonesia.
    Even lomba yang ia ikuti di FAM, yaitu Lomba Cipta Cerpen dan Puisi Tingkat Nasional 2012. Namun, belum berkesempatan menjadi pemenang. Tetapi Ia bertekad untuk terus berkarya sampai kapan pun.

    Mottonya adalah “Menjadikan seni sebagai sentuhan hati bagi dakwah yang islami”. Ia dapat dihubungi di e-mail befaldoangga@yahoo.com, atau befaldoangga@gmail.com, dan juga dapat mengunjunginya di befaldoal-hikmah.blogspot.com.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: Befaldo Angga (Padang) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top