• Info Terkini

    Wednesday, October 10, 2012

    Profil Anggota FAM Indonesia: Fadhly Ikhsan (Riau)

    "Bertekad Menjadi Akademisi yang Memiliki Karya”

    Fadhly Ikhsan adalah seorang mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau. Ia seorang putra Minang, lahir di Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat.

    Ketertarikannya terhadap dunia tulis menulis sebenarnya sejak kecil, ketika Ia masih sekolah dasar. Ikhsan sering mengikuti lomba menulis, seperti lomba cerpen dan lomba puisi. Kemudian pada jenjang SMP ia mulai mengikuti lomba karya ilmiah dan memenangkan peringkat harapan I.

    Sejak itulah akhirnya mulai menyukai menulis nonfiksi. Selain menulis, Fadhly senang bisa tampil di depan umum, Ia sering mengikuti berbagai lomba pidato dan masih berpidato pada beberapa kesempatan hingga saat ini. Selain itu hobi lainnya adalah bermain musik. Ia telah menekuni beberapa alat musik, seperti gitar dan piano. Kecintaannya terhadap musik dimulai dari SMA hingga saat ini. Ia dan teman-temannya kemudian membentuk beberapa grup band, dan tampil di berbagai pentas seni.

    Ketika sudah saatnya kuliah, Ia mengambil studi Hubungan Internasional. Jurusan ini Ia pilih karena cita-cita saya ingin berkarir di dunia internasional dan juga menyukai dunia politik, ditambah lagi senang berbagi pemikiran dan menulis seputar peristiwa politik yang terjadi baik nasional maupun internasional.

    Mottonya adalah “setangguh rumput yang bergoyang”. Motto ini memiliki filosofi tersendiri baginya. Disaat badai datang, pepohonan akan patah dan tumbang, tetapi rumput akan tetap bergoyang mengikuti kemana gerakan angin yang deras itu mengarah. Maknanya adalah kita harus pintar menempatkan diri sekalipun di dalam lingkungan yang sulit. Rumput juga adalah tanaman yang tumbuh dengan sendirinya. Menurutnya bahwa kita harus bisa berprestasi di mana saja.

    Minat menulisnya sempat memudar saat di bangku SMA, namun sejak kuliah dan mendapat tugas-tugas kampus dalam bentuk tulisan, ditambah lagi kebijakan dari fakultas bahwa setiap mahasiswa harus bisa menulis dan tulisannya diterbitkan di media sosial. Hal itulah yang memancing keinginannya untuk menulis. Fadhly juga menyadari bahwa sebagai seorang akademisi harus menulis dan menghasilkan karya tulis. Karena apa artinya seorang akademisi jika tidak menghasilkan karya apapun. Walaupun niat menulis terlahir kembali tetap saja Ia merasa harus belajar menulis hingga menghasilkan tulisan yang berkualitas.

    Hingga akhirnya Ia mendengar adanya sebuah forum yang menampung orang-orang yang suka menulis, yaitu Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, yang didapatnya dari seorang teman. Ia merasa gembira mendengar berita tersebut, tanpa berpikir panjang langsung mendaftar. “Saya tidak peduli apapun syaratnya, yang penting saya harus mendaftar terlebih dahulu. Saya mencoba menghubungi pihak FAM dan mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi syarat-syarat yang diminta, dan alhamdulillah saya menerima surat dari admin FAM Indonesia pada tanggal 2 Agustus 2012 bahwa saya sudah menjadi anggota FAM dengan nomor ID FAM930M. Hal ini tentunya membuat saya sangat senang, dan menjadi langkah awal saya untuk mendalami dunia menulis dan saya yakin FAM akan membantu saya untuk mewujudkan keinginan saya menjadi akedimisi yang mampu berkarya,” ujarnya mantap.

    [sumber: www.famindonesia.blogspot.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: Fadhly Ikhsan (Riau) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top