• Info Terkini

    Saturday, November 17, 2012

    Bimbang Antara Dua Pilihan, Jadi Model atau Penulis

    Yogyakarta, 14 November 2012

    Kepada Yth:
    FAM Indonesia, sahabatku…

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya, saya ucapkan banyak terima kasih karena telah memberikan kesempatan bagi semua sahabat FAM khususnya saya, untuk menulis sebuah surat yang bertemakan "Proses Kreatifku, Suka Duka Menjadi Penulis". Sebenarnya, sudah lama saya ingin mengatakan suka duka saya selama menjadi penulis. Tapi sayangnya, tidak ada event yang bisa mewujudkan keinginan saya tersebut. Dan syukurnya, FAM Indonesia telah mengadakan event yang saya inginkan dari dulu. Sehingga, saya bisa mengatakan kisah-kisah yang saya alami selama berprofesi sebagai penulis.

    FAM Indonesia yang baik…

    Di kesempatan yang saya dambakan ini, saya akan bercerita mengenai hobi saya. Awalnya, hobi yang saya tekuni adalah modelling. Karena, ibu saya ingin agar saya dapat menjadi seseorang yang percaya diri. Dan akhirnya, saya bisa membuat ibu saya senang dengan menjadi seorang model. Selama memiliki hobi modelling, saya telah memiliki beberapa prestasi dibidang modelling. Diantaranya, juara 3 lomba model muslimah dari Axis, juara 1 peragawan/peragawati, juara harapan 3 lomba model casual sporty, dan masih banyak lagi.

    Namun, dua tahun kemudian, saya tertarik menjadi seorang penulis. Sebab:

    1. Mulanya, saya mengalami sebuah peristiwa yang sangat berharga dengan ibu saya tercinta. Dan peristiwa itu saya tuliskan menjadi sebuah cerita. Pada saat itu, menurut saya cerita itu sudah lumayan bagus. Dan dari situlah saya menjadi senang mengarang dan menulis cerpen.

    2. Selain itu, karena kakak saya juga berprofesi menjadi seorang penulis. Saya mengetahui kalau kakak saya adalah seorang penulis dari sebuah buku yang sengaja disimpan di lemari pajangan. Lalu saya membacanya dengan sungguh-sungguh. Dan setelah saya membaca semua halaman di buku itu, saya membolak-balik buku tersebut untuk melihat sampul, biodata penulis dan yang lainnya secara satu persatu. Tidak saya sangka dan tidak saya duga, tertera sebuah nama yang tak asing bagi saya. Ternyata, itu nama kakak saya. Dan dari kejadian itu pula, saya menjadi mempunyai keinginan untuk memiliki sebuah buku yang berisi karya sendiri.

    Sayangnya, setelah saya memiliki kedua hobi tersebut, saya menjadi bimbang. Saya tidak tahu harus memilih hobi yang mana. Sebab, ada sebuah kendala yang membuat saya tidak bisa memiliki kedua hobi tersebut. Kendalanya adalah penyakit mata.Karena, jika seorang penulis ingin membuat sebuah karya, atau seorang penulis ingin mengikuti lomba menulis, pasti ujung-ujungnya adalah laptop, komputer, dan yang sejenisnya. Sehingga, apabila kegiatan tersebut terus dilakukan, maka mata para penulis di Indonesia akan rusak (sakit rabun), termasuk saya. Kalau sudah begitu, saya jadi harus meninggalkan salah satu bakat yang saya miliki.

    Karena tidak ingin meninggalkan salah satu di antara kedua hobi tersebut, saya pun bertanya pada ibu saya tentang “Bagaimana caranya menyembuhkan atau mencegah penyakit mata”. Lalu kata beliau, saya harus membuat hobi baru, yaitu menjadikan wortel sebagai camilan. Dengan terpaksa, saya mencoba membiasakan diri untuk memakan wortel setiap harinya. Sampai akhirnya, saya terbiasa memakan wortel, meskipun baru beberapa bulan. Tapi, itu sudah bisa membuat mata saya lebih jelas dalam melihat.

    Dan sekarang, saya bisa merasakan kesenangan menjadi seorang penulis dan seorang model. Kesenangan menjadi penulis, karena saya telah merasakan manfaat dari hobi menulis, antara lain memiliki buku terbit karya sendiri, memenangkan beberapa lomba, mendapat hadiah, menambah teman, menambah wawasan, pengetahuan, dan masih banyak lagi yang bisa saya rasakan ketika menjadi penulis.

    FAM Indonesia sahabatku…

    Sekian dulu surat dari saya. Jika ada kesalahan, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas kesempatan ini. Semoga, FAM Indonesia akan menjadi yang terbaik, selalu sukses, dan semua acara-acara yang diadakan dapat berjalan dengan lancar. Amin…

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ANGGITA NURIDAH KUSUMA
    Yogyakarta

    Share ke:
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bimbang Antara Dua Pilihan, Jadi Model atau Penulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top