• Info Terkini

    Sunday, November 25, 2012

    Dapat Kiriman Buku Gratis dari Kegiatan Resensi Buku

    Kita ketahui bahwa Resensi Buku merupakan ulasan dari sebuah buku. Dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca apa pokok dari buku tersebut. Biasanya penulis resensi buku menyuguhkan tulisannya secantik mungkin, untuk menarik perhatian pembaca.

    Berkenaan dengan Resensi Buku, kiranya saya ingin berbagi ada hal yang sering dilupakan penulis resensi tersebut. Informasi yang menarik ini setelah saya membaca tulisan Aep Kusnawan, “Berdakwah Lewat Tulisan”.

    Hal yang mungkin dilupakan penulis resensi adalah jarang mengirimkan surat pengantar kepada penerbit buku bersangkutan ketika tulisan resensi kita dimuat di media.

    Kenapa harus cape-cape mengirimkan surat pengantar ke penerbit segala? Toh, kita sudah dapat honor dari media?

    Begini, tidak lain kenapa kita harus mengirimkan surat pengantar kepada penerbit? Tujuannya adalah untuk pemberitahuan kepada penerbit yang secara langsung dari penulis resensi tersebut, juga penawaran kerjasama dalam peresensian untuk selanjutnya.

    Berikut contoh surat pengantar resensi buku, jika tulisan kita dimuat di media:

    Kepada:
    Yth. Penerbit Mujahid Press
    di Tempat

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Bersama ini penulis kirimkan copy-an, resensi buku dengan judul: Berdakwah Lewat Tulisan, yang dimuat di (nama medianya), tanggal 31 Februari ).

    Resensi tersebut merupakan resensi atas buku terbitan Mujahid Press, yang berjudul: Berdakwah Lewat Tulisan, karya Aep Kusnawan.

    Besar harapan penulis, pihak Mujahid Press dapat melanjutkan kerjasama dibidang peresensian ini. Untuk itu penerbit dapat mengirimkan buku terbitan terbaru kepada penulis untuk diresensi.

    Demikian surat ini penulis sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya penulis sampaikan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Penulis,

    HR. Yusron Fauzi

    * * *

    Nah, penerbit-penerbit besar sangat senang bila Anda meresensi buku terbitan mereka. Ada penerbit yang memberikan honor, ada juga yang mengirimkan banyak judul buku untuk anda resensi. Dua keuntungan Anda, dapat honor dari media yang memuat resensi itu, dan dari penerbit, plus perpustakaan Anda penuh dengan buku-buku baru.

    SEMOGA BERMANFAAT

    Sumber: http://roniyusron.wordpress.com/2012/03/30/satu-hal-yang-dilupakan-penulis-resensi-buku/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dapat Kiriman Buku Gratis dari Kegiatan Resensi Buku Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top