• Info Terkini

    Thursday, November 22, 2012

    Alam Bebas dengan Pesona yang Indah Mampu Berikan Inspirasi Menulis

    Kepada Ydh.
    Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    di Tempat.

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang saya hormati beserta seluruh peserta lomba menulis surat yang Insya Allah dirahmati Allah. Saya berterima kasih kepada FAM Indonesia telah mengadakan lomba ini yang Insya Allah akan mampu memberikan inspirasi dan motivasi untuk kita semua. Dengan senang hati saya ingin membagi kisah suka maupun duka menulis pada group FAM yang akan mampu memberikan perubahan gemilang untuk bangsa ini.

    Awal saya merintis untuk menulis ketika saya duduk di bangku SMA. Saya mengikuti lomba menulis esai yang diadakan oleh pihak Universitas. Pertama kali saya menulis saya merasa canggung, saya heran dan bingung apa yang akan saya torehkan pada secarik kertas putih ini. Dan yang paling menghawatirkan "bagaimana saya mampu mencari ide untuk dijadikan inti dari permasalahan tersebut."

    Akhirnya saya berpikir, sepertinya alam bebas dengan pesona alamnya yang indah mampu memberikan inspirasi-inspirasi untuk menulis. Saya memutuskan pergi ke pantai dekat rumah. Saya membawa kertas HVS putih beserta tinta hitam untuk menulis. Perlahan saya menulis, ternyata berhasil, saya mampu menulis 11 paragraf pada saat itu. Teknik ini saya lakukan ketika hendak menulis. Bahwa proses untuk membangkitkan kekreatifan itu cukup pergi ke tempat yang indah, tenang, dan memiliki udara cukup segar. Alhamdulillah kini saya mampu menghasilkan karya-karya baik berupa esai, puisi, dan cerpen.

    Namun yang menjadi kendala pada saat menulis adalah ketika seorang penulis itu dikejar-kejar oleh deadline. Di mana saya harus bekerja keras menulis sebelum waktu deadline tiba. Hal inilah yang perlu diantisipasi, sejauh mungkin hari kita persiapkan untuk menulis karena musuh utama seorang penulis adalah "malas" sehingga tak terasa deadline sudah di depan mata. Di sisi lain keterbatasan sumber-sumber yang akurat juga menjadi kendala. Karena seorang penulis juga memerlukan bukti berdasarkan landasan teori dari buku-buku yang ada untuk membuktikan bahwa apa yang ia tulis itu benar.

    Itulah suka duka saya pada saat menulis. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Pada dasarnya semua itu bisa kita lakukan dengan catatan jangan menunda-nunda pekerjaan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tulislah tulisan sekreatif mungkin sehingga mampu menarik para pembaca dan juga mampu memberikan manfaat dari tulisan yang kita baca.

    Wassalam.

    Malang, 1 November 2012
    Erwan Hermawan
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Alam Bebas dengan Pesona yang Indah Mampu Berikan Inspirasi Menulis Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top