• Info Terkini

    Wednesday, December 5, 2012

    Penerbitan Antologi Puisi Bukittinggi “The Dreamland of Sumatera”

    [Deadline: 30 Desember 2012]

    Alhamdulillah, ternyata Kota Bukitttinggi dengan segala keindahan alam yang dikaruniaiNya dan semua keunikan bersama lokalitas yang ada di dalamnya cukup membuat kita mempunyai kesan dan beberapa sudut pandang akan Kota Wisata itu untuk dituangkan ke dalam bait-bait puisi yang indah dan bermakna.

    Hal ini sangat dirasakan dari syair-syair yang dituangkan penulis untuk melukiskan sesuatu rasa tentang kota itu. Tidak hanya dari penulis yang berasal dari Kota Jam Gadang itu yang mampu berucap dalam puisi, tapi ternyata cukup banyak penulis yang berasal dari luar provinsi telah ikut serta menggoreskan tinta emasnya untuk antologi ini. Karena Bukittinggi tidak akan pernah terlupakan begitu saja bagi yang pernah menjejakkan kaki di sini.

    Forum Aktif Menulis (FAM) Cabang Bukittinggi akan menerbitkan Buku Antologi Puisi Bukittinggi, The Dreamland of Sumatera yang terbuka untuk umum, baik anggota FAM Indonesia maupun nonanggota FAM Indonesia.

    Tema yang diangkat dalam penerbitan antologi puisi ini adalah “Bukittinggi, The Dreamland of Sumatera dalam Kenangan, Kesan, Impian dan Harapan”. Intinya, puisi yang diharapkan adalah semacam kesan dan harapan dari penulis baik yang telah pernah mengunjungi Kota Wisata ini ataupun masih dalam sebuah keinginan untuk dapat berkunjung ke sana.

    Akan banyak hal-hal yang mungkin ditemukan di Bukittinggi bersama warna lokalitas dan suasana yang ada.

    Lalu, apa syarat mengikuti proyek antologi puisi ini? Adapun ketentuan/kriteria naskah yang diterima adalah sebagai berikut:

    1. Penulis adalah anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang mengantongi Nomor ID keanggotan FAM Indonesia, maupun non-anggota, baik yang berdomisili di Kota Bukittinggi maupun di luar Bukittinggi.

    2. Naskah puisi harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis di mana pun.

    3. Puisi bertema: “Bukittinggi, The Dreamland of Sumatera dalam Kenangan, Kesan, Impian dan Harapan”.

    4. Bentuk puisi bebas, panjang maksimal 1 halaman.

    5. Puisi ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

    Syarat Pengiriman Naskah:

    1. Puisi diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto.

    2. Menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di lembar terakhir puisi.

    3. Setiap penulis mengirimkan 5 buah puisi. Akan dipilih 3 puisi terbaik dari masing-masing penulis.

    4. Naskah puisi sesuai tema.

    5. Naskah puisi yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis).

    6. Naskah puisi dikirim ke alamat email: refdinalmuzan@rocketmail.com paling lambat 30 Desember 2012.

    7. Insya Allah buku akan direncanakan terbit di awal/pertengahan Februari 2013.

    Keterangan tambahan:

    Penerbitan buku Antologi Puisi ini dibiayai oleh masing-masing penulis yang karyanya dinyatakan lolos seleksi (yang tidak lolos seleksi naskah dikembalikan dan tidak dikenai biaya apapun). Masing-masing penulis yang karyanya lolos mengirimkan investasi Rp.100 ribu (baik anggota maupun nonanggota FAM Indonesia). Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.

    Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia. Seluruh penulis akan memperoleh royalty dari penjualan buku ini.

    Demikian info ini disampaikan, dan diharapkan seluruh anggota FAM dapat menyebarkan tautan terkait antologi ini.

    Salam santun, salam karya.

    REFDINAL MUZAN
    FAM Cabang Bukittinggi

    Catatan:
    1. Konfirmasi keikutsertaan antologi ini dapat menghubungi nomor Hp. 0813 7435 9199 (Refdinal).

    2. Lukisan Jam Gadang karya Zul Manix, calon kover buku antologi puisi ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Antologi Puisi Bukittinggi “The Dreamland of Sumatera” Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top