• Info Terkini

    Thursday, December 27, 2012

    Profil Anggota FAM Indonesia: Rendra Pirani (FAM Tangerang)

    “Berprestasi dalam Banyak Bidang”
    Nama lengkapnya Rendra Pirani. Lahir di Tangerang tanggal 20 November 1994. Rendra adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai seorang wiraswasta sekaligus pegawai di kantor kelurahan.

    Rendra pertama kali belajar menulis ketika ia masih duduk di bangku kelas 3 SD. Ia masih ingat, suatu hari di kelasnya diberikan tugas untuk menulis pengalaman pribadi ketika liburan hari raya. Ia pun menulis cerita itu apa adanya. Setelah cerita sederhana itu selesai ditulis, Rendra memperlihatkan kepada ibunya.

    Ternyata, ibunya tersenyum menanggapinya. Menurut Rendra, “Itulah senyuman pertama yang ditorehkan Ibu saya untuk menanggapi karya saya. Jujur, ketika saya kecil, saya termasuk anak yang pendiam. Tapi prestasi saya di kelas, bisa dibilang cukup gemilang. Selama saya menempuh pendidikan di jenjang SD, saya berhasil meraih peringkat pertama di kelas sebanyak 9 kali berturut-turut, terhitung dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 5 SD.”

    Prestasi gemilang tersebut berlanjut hingga di SMPN 1 Mauk. Di sekolah tersebut, Rendra berhasil meraih peringkat pertama di kelas sebanyak 4 kali berturut-turut, juara umum ketiga dua kali. Dan pernah mendapatkan beasiswa dari Pemda Kabupaten Tangerang atas segala prestasi yang pernah ia raih di sekolah tersebut. Di sekolah itu pula, Rendra mulai aktif di kegiatan kepalangmerahan (bahkan sampai saat ini) dan juga pernah menjabat sebagai ketua OSIS.

    Di SMP tersebut, Rendra juga berhasil meraih beberapa prestasi di bidang nonakademik, di antaranya: Juara 3 lomba paduan suara tingkat Kabupaten Tangerang, Juara 1 lomba tata upacara bendera se-Pantura Tangerang (Sebagai pembaca UUD) tahun 2009, Juara 3 lomba tata upacara bendera tingkat Kabupaten Tangerang (sebagai pembaca UUD) tahun 2009.

    Keinginannya untuk kembali aktif menulis di sela-sela kesibukan, bermula setelah ia membaca novel-novel karya Andrea Hirata. Ia pun memulai menulis cerpen, seperti yang pernah ia lakukan di kelas 3 SD dulu. Rendra sangat bersyukur karena cerpen pertamanya berhasil meraih juara kedua dalam Lomba Cipta Cerpen yang diadakan oleh perpustakaan daerah Kabupaten Tangerang.

    Prestasinya yang lain di antaranya: Juara 3 Lomba Cipta Puisi yang diadakan oleh Forum OSIS Kabupaten Tangerang, Juara 3 Lomba Drama Pendidikan Remaja Sebaya tingkat Provinsi Banten, peraih medali perak Olimpiade Penelitian Siswa Kabupaten Tangerang dan lain-lain. Selain menulis, hobinya yang lain adalah bermain musik dan menciptakan lagu.

    Bergabung menjadi anggota FAM Indonesia karena awalnya ia ingin mengikuti Lomba Cipta Cerpen dan Puisi tingkat Nasional 2012 yang digelar FAM Indonesia. Ternyata setelah bergabung, Rendra merasa mendapat banyak manfaat. “FAM lebih dari sekadar forum kepenulisan yang mengadakan perlombaan tingkat Nasional. Tapi lebih dari itu, FAM adalah sebuah keluarga. Walaupun dalam event tersebut saya belum berhasil menyabet 10 besar, tapi tak apalah. Mengingat saya hanya seorang pemula, dan jika dibandingkan dengan anggota FAM yang lain, saya masih kalah pengalaman,” ujarnya penuh semangat.

    Event lain yang pernah dia ikuti di FAM adalah Lomba Menulis Surat, Cerpen dan Puisi pada Milad Sekjen FAM Indonesia dan Proyek Antologi Cerpen Cinta Bernilai Dakwah.

    “Untuk Lomba Menulis pada Milad Sekjen FAM, saya belum berhasil meraih juara. Tapi saya tetap senang karena melihat respon yang cukup bagus dari Mbak Aliya sendiri. Saya seolah bisa merasakan senyuman Mbak Aliya ketika membaca puisi tersebut. Sementara untuk proyek antologi cerpen “cinta bernilai dakwah”, Alhamdulillah cerpen saya yang berjudul “Anak Sang Nelayan” terpilih dan berada di buku antologi pertama yang berjudul Pesona Odapus,”  ungkap Rendra senang.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: Rendra Pirani (FAM Tangerang) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top