• Info Terkini

    Sunday, December 30, 2012

    Ulasan Artikel “Metamorfosis” Karya Mawar Rovita Sari (FAM Pekanbaru)

    Berikut adalah ulasan artikel berjudul “Metamorfosis” karya Mawar Rovita Sari. Dilihat dari gaya bahasanya, artikel ini segmentasinya untuk remaja, terutama usia SMP dan SMA. Di luar itu, FAM merasa gaya bahasa seperti ini kurang cocok. Misalnya saja pada kalimat “Okelah kalau begitu. Berhubung aku orangnya baik hati, tidak sombong dan rajin maem (he..he.. lebay ah)”. Gaya bahasa seperti ini tidak cocok dibaca orang dewasa. Orang akan “illfill” membaca kalimat seperti itu, terutama pada bagian yang ada di dalam kurung. Apalagi jika penulis memperbanyak bagian tersebut dalam artikelnya.

    Judul yang digunakan sepertinya kurang tepat, karena tidak menggambarkan isi dari artikel. Inti dari artikel ini adalah impian dan motivasi, sehingga dalam pemilihan judul ada baiknya berhubungan dengan dua hal tersebut. Misalnya saja judulnya “Dahsyatnya Impian” atau yang lainnya.

    Dari segi penulisan, artikel ini menggunakan bahasa gaul. Akan tetapi ada beberapa kesalahan. Kata “gag” dalam bahasa gaul seharusnya ditulis “nggak”. Lalu ditemukan beberapa kata yang salah ketik, dan terlalu terburu-buru menulis. Diharapkan setelah selesai menulis dilakukan proses editing terlebih dahulu. Baca berulang kali, sehingga benar-benar bersih dari kesalahan ketik.

    Satu hal yang positif dari artikel ini adalah penulis menyajikan kisah. Orang akan lebih mudah menangkap maksud dari sebuah pesan dalam artikel ketika ditampilkan sebuah cerita, apalagi jika itu adalah kisah nyata. Dan artikel yang terdapat kisah di dalamnya selalu lebih menarik untuk dibaca.

    Kepada Mawar, teruslah berkarya. Salam santun.

    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    [BERIKUT ARTIKEL PENULIS YANG DIPOSTING TANPA EDITING TIM FAM INDONESIA]

    Metamorfosis

    Mawar Rovita Sari (Anggota FAM Pekanbaru)

    Hal kecil apa yang seringkali menjadi awal mula sebuah perubahan hidup ??? ada yang tau gag ??  gag  tau  ya ??. Okelah kalau begitu. Berhubung aku orangnya baik hati,tidak sombong dan rajin maem (he..he.. lebay ah) trus gag suka mubazir waktu, jadi to the point aja ya. Jawabannya tidak lain dan bukan adalah IMPIAN. Why ??? ya iyalah... Emangnya apa lagi coba ??. Gag berlebihan-lah  jika ada yang bilang bahwa IMPIAN adalah langkah awal menuju awal kesuksesan. Logikanya sederhana banget. Gimana mungkin bisa mewujudkan impian.. kalau kita sendiri gag punya impian. (wah ini sih aneh bin ajaib. he..he).

    Tahu gag sobat bahwa sejarah telah menceritakan pada kita tentang seberapa pentingnya punya IMPIAN atau cita-cita. Banyak orang-orang yang sukses berawal dari MIMPI . Gag usah jauh-jauh contohnya adalah SUMPAH PALAPA. Sumpah Palapa telah mengobarkan Patih Gajah Mada N Para Psukannya (prajurit gito lho) untuk berjuang dam pada akhirnya mereka dapat menyatukan Nusantara (keren kan ? siapa dulu dong... Gajah Mada-lah pastinya.. masak aku ? aku kan belom lahir. hehe.).

    Biar cakrawala sobat-sobat semua makin Luas. Aku juga punya kisah yang gag kalah kerennya sama Patih Gajah Mada. Kisah ini dari Negara kecil tetangga kita (tapi lebih makmur dari Negara kita). SINGAPURA. Di Singapura ada seorang anak yang malang. pasalnya anak ini gag diterima di sekolah setingkat SMP di Negerinya kecuali hanya satu sekolah yang mau menerimanya dan sekolah itupun adalah sekolah yang paling jelek seantero Singapura. Payahnya lagi ni udah sekolahnya paling jelek, peringkat masuk si anak tadi itu di nomor 2 dari bawah. Kebayang kan gimana oonnya si anak ni. (eits.. gag usah dibayangin ya.. kasihan. tragis banget )

    Waktupun berlalu, musim berganti, matahari bersinar cerah (halah,,, lebay mode on) si anak tadi ternyata membuat sesuatu yang mencengangkan dengan mengatakan bahwa ia bertekad masuk ke SMA dan Universitas ternama di Kota Singapura. Kontan saja dia langsung jadi bahan tertawaan, soalnya emang belum pernah ada  sejarahnya kalau alumni sekolah itu ada yang bisa melanjutkan ke sekolah ternama seperti yang si anak tersebut katakan.

    Eits... tapi jangan salah. si anak tadi bisa bilang begitu karena dia mendapat motivasi bahwa "SEMUA ORANG ITU JENIUS" (catat dalam memorimu). Semua orang boleh menghina, tapi dia terus saja berusaha (maju terus pantang menyerah..). dan akhirnya.... (jreng...jreng...).

    Tau gag sih ?. Ternyata dia Berhasil di terima di SMA terbaik seperti yang dia impikan dan lulus dengan mendapat nila A untuk semua mata pelajaran. wuihhhhh (subhanaALLAH). Eits…  jangan kagum dulu, ini mah belum seberapa. Ada lagi Fakta Aneh bin Ajaib selanjutnya. Dia jga bisa masuk ke Universitas ternama dan mendapat nilai A di semua mata kuliah serta mendapat beasiswa khusus, yang hanya di peruntukkan buat orang-orang Super aja yang bisa ngedapetinnya. (ckckck.. dahsyat ).

    Ada yang tau gag siapa anak tersebut  ???
    anak tersebut bernama " Adam Khoo "....
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ulasan Artikel “Metamorfosis” Karya Mawar Rovita Sari (FAM Pekanbaru) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top