• Info Terkini

    Saturday, January 12, 2013

    Di Inggris Mimpiku Ingin Berlabuh

    Kuningan, 10 Januari 2013
    Kepada Bahteraku FAM Indonesia
    di Samudera Ilahi

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Apa kabar FAM? Semoga kau selalu ada dalam naungan rahmatNya, sebagaimana pula kuharapkan untuk FAMili semua. Alhamdulillah aku masih diberi kesempatan untuk kembali menyapamu lewat tulisan ini, kembali merajut mimpi kita bersama.

    Kali ini, undanganmu membuat getaran lain di hatiku. "Di Negara itu, Mimpi Saya akan Berlabuh." Sungguh sederet kata yang menggugah perasaan, mengaduk emosi, mengusik imajinasi yang langsung melambung tinggi.

    Lahir dari keluarga biasa, tinggal di desa dengan kondisi ekonomi yang seadanya, membuat diri ini terkurung secara fisik. Nyaris tak bisa bepergian jauh dari rumah, apalagi sampai melanglang buana. Aku hanya tahu dunia lewat buku-buku yang aku baca. Membayangkan tempat-tempat yang dilukiskan dalam buku-buku itu tanpa punya harapan untuk bisa mendatanginya.

    Namun berkat suntikan semangatmu dalam 'tantangan' kali ini, aku berani untuk mengungkapkan kemana mimpiku akan berlabuh. Mimpi itu melayang menuju satu negara ternama: Inggris.

    Ada apa dengan The Great Britain, negeri yang tersohor dengan kerajaannya itu?

    Semasa duduk di bangku SD hingga kuliah, aku akrab dengan buku-buku cerita karangan penulis dari berbagai negara. Salah satunya adalah Enid Blyton. Siapa yang tak kenal dengan The Famous Five, atau lebih populer dengan nama Lima Sekawan? Di masa itu, kisah petualangan remaja ini sangat digemari. Berlatang belakang kehidupan di negeri Inggris, Enid begitu memukau bertutur tulisan. Petualangan Julian, Dick, Anne, George dan Timmy serasa ikut kualami sendiri. Ada pula penulis Ian Fleming, yang memikat dunia dengan karya legendarisnya James Bond 007. Kedua kisah itu pun sudah dibuat filmnya, membuat anganku makin terbang ke negara itu setelah menontonnya.

    Tidak hanya dari buku-buku cerita saja. Dari berbagai buku lain aku dapatkan gambaran bagaimana indahnya Sungai Thames, atau megahnya Big Ben. Tak ketinggalan dari televisi aku menyaksikan luasnya Istana Buckingham, dan yang tak terlupakan, prosesi pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles yang bagaikan kisah dongeng.

    Tidak terlalu banyak yang kuketahui tentang Inggris, tapi gambaran yang kuterima cukup untuk menggiringku pada satu mimpi. Aku ingin bisa menginjakkan kaki di negeri elok itu. Menyusuri tempat-tempat istimewanya, menghayati kehidupan warganya. Dari perjalanan itu, aku ingin membuat satu novel fiksi dengan tokoh gabungan dari Inggris dan Indonesia, dengan latar belakang dua negara itu pula. Bila penulis Inggris bisa melahirkan kisah yang mendunia, kenapa kita tidak? Candi Borobudur tak kalah memikat dibandingkan Istana Buckingham, Jam Gadang pun sama unik dengan Big Ben. Bila semua itu bergabung, siapa tahu bisa hadir kisah sekelas The Famous Five, dengan personil remaja Inggris dan Indonesia, bertualang di dua negara.

    Itulah FAM, sekelumit mimpiku untuk bisa pergi ke Inggris. Dan tahukah FAM, kenapa di awal surat ini aku menyebutmu sebagai bahteraku? Karena bersamamu, aku bisa berlayar di Samudera Ilahi dengan tiupan angin penaku. Bersama bahtera FAM yang kokoh, aku yakin dapat mencapai pelabuhan impianku. Dengan izin dan ridhaNya, tak ada yang tak mungkin. Termasuk impianku untuk berlayar bersamamu sampai ke Britania Raya.

    Terima kasih FAM, sudah meluangkan waktu untuk membaca curahan hati ini. Semoga suatu saat, aku bisa melihat bendera FAM berkibar sepanjang aliran Sungai Thames. Semoga saat itu pula, aku bisa melihat logomu terpampang di sampul depan novel dwinegaraku.

    Sekian kiranya surat dariku. Dengan satu doa agar Allah SWT selalu menyertai setiap langkah kita. Untuk FAMili semua, tetaplah semangat membangun mimpi dan mewujudkannya.

    Sampai jumpa di lain waktu, sukses selalu untukmu.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    dengan setulus doa,
    MIA MUTIARA
    IDFAM 1229U-Kuningan
    email: ismiadianto@yahoo.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Di Inggris Mimpiku Ingin Berlabuh Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top