• Info Terkini

    Wednesday, January 23, 2013

    FAMili, Jangan Alergi dengan Kritikan

    Sahabat FAM, jangan alergi dengan kritikan. Penulis yang menghasilkan tulisan yang baik, bukan harus selalu dipuji, tetapi juga siap dikritik. Bila perlu, orang berdebat gara-gara membahas karya Anda. Bersedihlah bila karya Anda itu tidak ada yang mengkritik dan hanya bertabur pujian belaka. Itulah “kiamat” dalam dunia tulis menulis.

    Walau demikian, Anda juga harus bijaksana menyikapi mana “Kritikus” sebenarnya, dan mana pula “Pencemooh” yang hendak membunuh karakter Anda sebagai penulis. Sebab antara “Kritikus” dan “Pencemooh” dua hal yang berbeda, namun kadang sulit membedakannya. Seorang Kritikus yang baik, dia akan mengkritisi dengan hati, sedangkan “Pencemooh” mengkritisi dengan emosi. “Kritikus” akan memberitahukan kekurangan tulisan Anda karena merasa ikut bertanggung jawab atas kualitas tulisan dan berusaha memberikan masukan positif atas kekurangan yang dia temukan pada tulisan Anda. Sedangkan “Pencemooh”, mencari kekurangan tulisan Anda dan tidak punya niat baik untuk ikut memperbaiki, dan hanya bisa menyalahkan tetapi tidak memberikan masukan, serta bahasa yang digunakan bersifat emosional. Kuncinya, siapkan mental Anda menghadapi kondisi seburuk apa pun itu.

    Tugas seorang Penulis adalah terus menulis, hasilkan karya yang baik dan tidak kenal lelah. Tugas Pembaca dan Kritikus adalah membaca dan menilai karya Anda itu. Jangan ambil pusing karya Anda mau disebut bagus atau tidak, sebab itu bukan hak Anda yang menilai. Itu tugas Pembaca. Prinsipnya, Pembaca adalah Hakim. Biarkan mereka “menghakimi” karya Anda, sebab setiap karya, sebagus atau seburuk apa pun karya itu, akan menemukan nasibnya sendiri.

    Salam santun dan salam aktif, FAMili.

    FAM INDONESIA

    www.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FAMili, Jangan Alergi dengan Kritikan Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top