• Info Terkini

    Friday, January 18, 2013

    Kata Kamus Hari Ini: “Analisis”

    FAMili. Hari ini kita membahas kata “analisis” yang sering ditulis “analisa”. KBBI menyebut kata yang benar adalah “analisis”.

    Analisis berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “analysis”. Dalam penyerapannya ke bahasa Indonesia, akhiran -ysis berubah menjadi -isis. Jadi, “analysis” diserap menjadi “analisis”. Tidak menjadi “analisa”.

    Arti “analisis” menurut KBBI adalah: penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb).

    Arti “analisis” yang lain: penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antarbagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Juga diartikan sebagai: penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya; pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.

    Contoh kalimat:
    Hasil “analisis” pakai air, banjir Jakarta berdampak fatal ke berbagai sektor kehidupan di kota itu.

    Nah, FAMili. Mari tetap merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) setiap akan menulis, agar tulisan-tulisanmu enak dibaca dan sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

    Salam santun, salam karya.

    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kata Kamus Hari Ini: “Analisis” Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top