• Info Terkini

    Tuesday, January 8, 2013

    Lomba Menulis Surat Bulanan di Grup FAM Indonesia

    Tema: “Di Negara Itu Mimpi Saya Akan Berlabuh”
    Deadline: 28 Januari 2012, pukul 22.00 WIB

    FAMili yang baik, selamat siang di tengah-tengah aktivitas rutin keseharian Anda. Apa kabar hari ini? Semoga Anda tetap sehat dan semangat.

    Alhamdulillah, lomba menulis surat bertema “Jika Aku Penulis Terkenal, maka Aku Akan...” sudah berakhir, dan sudah diumumkan pula siapa pemenangnya. Hadiah pun sudah diberikan. Kali ini, untuk bulan Januari 2013, FAM Indonesia kembali membuka Lomba Menulis Surat berikutnya, dengan tema “Di Negara Itu Mimpi Saya Akan Berlabuh”.

    Lomba menulis surat ini adalah tradisi FAM Indonesia untuk melatih Anda menulis, terutama bagi yang pemula. Dengan menulis surat, Anda akan dapat berindah-indah dengan kata dan bahasa, dapat pula menuangkan sebanyak-banyaknya ide/gagasan dan apapun yang Anda mimpikan yang mungkin saja belum teraih oleh diri Anda. Nah, ikutilah lomba ini, bukan semata karena hadiahnya, tetapi Anda benar-benar punya mimpi yang ingin Anda bagi semangatnya untuk bersama-sama diraih oleh orang lain.

    Apa syarat dan ketentuan mengikuti lomba ini?

    Gampang, seperti biasa, ketiklah sebuah surat (panjang maksimal 2 halaman), dengan bahasa surat yang santun, dan sesuai dengan tema di atas. Misalkan Anda punya mimpi ingin mengunjungi Negara Jepang dan Anda sangat terobsesi dengan negara itu, tetapi Anda belum mewujudkannya karena Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang belum berprestasi. Sebutkan apa keunggulan negara yang Anda impikan itu, kenapa Anda begitu berhasrat hendak ke sana, dan apa yang Anda harapkan dari kunjungan itu. Misalkan pula, seandainya nanti Anda menjadi seorang penulis sukses, Anda akan melakukan riset di Jepang untuk merampungkan sebuah novel terbaru karya Anda bertema Negera Matahari itu.

    Setelah surat selesai Anda tulis, editlah 2-3 kali, baca keseluruhannya berulang-ulang, jangan menyingkat-nyingkat kata apalagi menggunakan bahasa gaul atau alay. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Setelah Anda benar-benar yakin surat Anda sudah cukup rapi dan bahasanya sesuai EYD, lalu postinglah surat Anda itu di dinding grup “FORUM AISHITERU MENULIS”. Di akhir surat jangan lupa mencantumkan Nama Lengkap Anda, Nomor IDFAM, Asal Kota Domisili, dan Alamat Email Anda (Bagi nonanggota FAM, cukup mencantumkan Nama Lengkap, Asal Kota Domisili, dan Alamat Email).

    FAM Indonesia menyediakan hadiah paket buku dan piagam penghargaan untuk surat terbaik 1, 2 dan 3. Seluruh peserta yang mengikuti lomba surat ini nanti akan dikirim e_piagam via email masing-masing.

    Demikian pengumuman lomba menulis surat ini disiarkan, atas perhatian dan keikutsertaan Anda kami sampaikan terima kasih.

    Salam santun, salam karya.

    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    Gambar: Panorama Gunung Fuji, Jepang. Sumber Google.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomba Menulis Surat Bulanan di Grup FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top