• Info Terkini

    Tuesday, January 22, 2013

    Penerbitan Antologi Cerpen “Jembatan Merah” Bersama FAM Cabang Surabaya

    Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Surabaya dan Sekitarnya mengadakan Program Penerbitan Buku Antologi Cerpen bertajuk “Jembatan Merah”. Proyek penerbitan ini terbuka untuk anggota FAM Indonesia maupun nonanggota di mana saja berada.

    Mengapa buku antologi cerpen ini berjudul “Jembatan Merah”?

    Jembatan Merah merupakan lambang perjuangan. Seperti sudah kita kenal dalam sejarah, Jembatan Merah adalah saksi bisu betapa gigih dan beraninya Arek-Arek Suroboyo dalam perang 10 November Surabaya melawan tentara Sekutu dan NICA-Belanda yang hendak menguasai kembali Surabaya. Di sinilah Brigadir A.W.S Mallaby, pemimpin angkatan bersenjata Inggris yang telah menguasai Gedung Internationale Crediet en Verening Rotterdam atau Internatio tewas terbunuh di tangan Arek-Arek Suroboyo.

    Berangkat dari fakta sejarah yang sangat membanggakan itu, Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Cabang Surabaya dan Sekitarnya berharap dapat menjadikan “Jembatan Merah” sebagai sumber inspirasi lahirnya cerita-cerita bertema perjuangan hidup, baik itu perjuangan mempertahankan hak, mencari keadilan, menjaga harga diri, menegakkan nilai-nilai kebenaran, melawan pesimistis dan ketidakmungkinan, atau juga perjuangan meraih impian.

    Demikianlah penerbitan antologi ini digagas. Harapannya dari cerpen-cerpen bertema perjuangan yang tersusun dalam Buku Antologi Cerpen “Jembatan Merah” itu dapat memotivasi hidupnya kembali ruh perjuangan yang semakin lama semakin layu oleh materialisme dan instanisme serta sikap mudah putus asa. Apalagi Allah telah berfirman dalam Q.S. Ar-ra'd ayat 11: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka.”

    Adapun ketentuan mengenai naskah yang diterima dan diterbitkan dalam Program Penerbitan Buku Antologi Cerpen “Jembatan Merah” ini adalah sebagai berikut:

    1. Penulis adalah anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang mengantongi Nomor ID keanggotan FAM Indonesia, maupun non-anggota, baik berdomisili di Surabaya maupun di berbagai daerah lainnya di Indonesia dan mancanegara.

    2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan sedang tidak diikutsertakan pada event lomba menulis lain.

    3. Cerpen bertema: “Perjuangan Hidup”.

    4. Bentuk cerpen bebas, panjang 4 halaman.

    5. Cerpen ditulis/diketik dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

    6. Tulisan diketik rapi di kertas HVS A4/kuarto, spasi 1,5, font Times New Roman 12.

    7. Menuliskan Biodata (ditulis dalam bentuk narasi, panjang maksimal seperempat halaman) disertai foto diri di lembar terakhir cerpen.

    8. Cerpen yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) judul (yang diterbitkan dalam antologi hanya 1 judul).

    9. Naskah cerpen sesuai tema.

    10. Naskah dikirim via email panitia: yudha_tentorprima@yahoo.com (selambat-lambatnya tanggal 15 Februari 2013).

    11. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis).

    12. Buku terbit pada pertengahan/akhir bulan Maret 2013 yang memuat 35 cerpen karya 35 penulis.

    Keterangan tambahan:

    1. Karena ini adalah penerbitan bersama, biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama pula, masing-masing penulis investasi biaya Rp100 ribu (berlaku untuk anggota FAM Indonesia maupun non anggota). Investasi ditransfer setelah karya dinyatakan lolos seleksi untuk diterbitkan. Investasi ditransfer ke: ALIYAH NURLAELLA, BNI Cabang Kediri, Nomor Rekening: 0257598722, atau BRI CABANG MALANG UNIT KESAMBON, NO. REK: 6370-01-003143-53-3. Jika telah mengirim biaya registrasi, konfirmasi ke nomor Hp. 081 259 821 511.

    2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.

    3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.

    4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan untuk memotivasi anggota FAM Indonesia aktif menulis dan berkarya. Seluruh penulis akan mendapat royalti bila buku terjual dalam jumlah banyak, dan hasil penjualan buku dilaporkan per tiga bulan.

    5. Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: yudha_tentorprima@yahoo.com atau lewat sms/call ke Yudha Prima di nomor 085732221923

    Salam Santun, Salam Karya, Salam Pencerahan.

    YUDHA PRIMA
    Humas FAM Cabang Surabaya/Koordinator Program
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Antologi Cerpen “Jembatan Merah” Bersama FAM Cabang Surabaya Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top