• Info Terkini

    Wednesday, January 30, 2013

    Profil Anggota FAM Indonesia: Ade Ubaidil (FAMili Banten)

    Nama lengkapnya Ubaidil Fithri. Ia memiliki nama pena Ade Ubaidil. Nama Ade itu sendiri dia peroleh dari orangtua dan keluarganya, karena sebagai anak bungsu dari 4 bersaudara. Mahasiswa yang sudah mengantongi ID keanggotaan di Forum Aktif Menulis FAM1198M ini, lahir di Serang, tanggal 02 April 1993. Lulus sebagai siswa 10 terbaik dari MA Al-Jauharotunnaqiyyah Cibeber, Cilegon. Saat ini sedang melanjutkan sekolahnya di sebuah Perguruan Tinggi di Universitas Serang Raya (UNSERA) daerah Banten. Ade tinggal bersama keluarga tercintanya di Jl. KH.Mabruk No.19 RT.07/RW.01 Cibeber, Cilegon.

    Ade Ubaidil memiliki hobi menulis dan mendengarkan musik. Dia lebih senang membaca buku tentang motivasi dan semangat. Mulai senang mengarang saat masih kelas 3 SD dan mencoba menekuninya di kelas 6 SD. Karena pelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu pelajaran favoritnya.

    Sejak kelas 1 sampai kelas 3 SD ia selalu mendapatkan peringkat/rangking 3 dan 4 begitu terus kejar-kejaran dengan sahabat karibnya. Tetapi di kelas 4 dan 5 SD terjadi penurunan peringkat jauh, menjadi peringkat 5 dan 7, cukup drastis. Mungkin karena saat itu ia  kurang bisa membagi waktu bermain dengan belajarnya. Di saat kelas 6 SD, Ade mengaku memperbaiki prestasinya lagi hingga mendapatkan peringkat 3 seperti saat kelas 3 SD dulu. Usahanya tidak sia-sia, karena sebelum UAN dia benar-benar harus memperbaiki penurunan peringkat itu.

    Ade lebih memilih ke MTs Al-Jauharotunnaqyyah yang jaraknya tidak jauh dari rumahnya. Di kelas VII dan VIII dia mencoba menulis sebuah novel—yang pernah di ceritakan dalam surat untuk FAM—sampai sekarang belum ia ketik ulang dan belum pernah selesai jalan ceritanya. Padahal ia pernah bercita-cita akan membukukannya sebelum lulus SMA. Namun semua harapannya itu pupus.

    Ade juga pernah mencoba mengikutsertakan cerpen hasil buatannya pada suatu ajang yang diadakan oleh sebuah universitas yang diikuti siswa SMA dan mahasiswa, tapi belum berkesempatan menang. Ia sempat berpikir mungkin menulis bukanlah bakatnya. Dia sempat berhenti menulis saat itu di kelas XI MA. Apalagi mulai disibukkan kegiatan OSIS di sekolahnya. Ade ditunjuk sebagai ketua kesenian. Sejak itu ia mulai berani menghidupkan mading yang sudah lama tidak aktif disekolahnya. Ia bersama teman-temannya membuat  lomba cipta puisi, cerpen dan berbagai macam tulisan  untuk mengisi mading itu terlebih yang bernilai islami.

    Ade menjadi salah satu jurinya bersama pembina OSIS tersebut. “Hadiah sih tak seberapa, tetapi tujuanku agar semua siswa dan teman-temanku merasa terpacu untuk terus berkarya,” ujarnya.

    Pada tahun 2011-2012 dia lulus dari SMA (MA) mendapatkan predikat 10 Besar siswa terbaik dan berprestasi. Dia mendapatkan peringkat ke-8 besar.

    Sekarang beberapa puisi sering ia tulis dan diposting di akun Facebooknya. Untuk cerpen mulai ia kembangkan lagi saat menemukan wadah kepenulisan di sana, salah satunya yaitu Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. “Senang rasanya menjadi FAMili. Syukron katsiron,” ujarnya bahagia.

    Pemuda ini menggemari seorang penyanyi serta menganggap sebagai penulis lirik terbaik yaitu sang legenda hidup “Iwan Fals”. Ade pernah mendengar ada yang berkata bahwa “yang menciptakan lagu seperti Iwan Fals itu banyak yang bisa, tetapi yang membuat lirik sebagus dia sepertinya tidak ada.” Dia mengiyakan pernyataan itu. Karena lagu-lagunya Iwan Fals ia menjadi senang merangkai kata, serta mulai menggeluti dunia literasi lagi. Kekagumannya  pada Iwan Fals membuatnya senang membuat beberapa lirik lagu. Sudah banyak lagu yang diciptakannya.  Ia  berharap suatu hari nanti bisa benar-benar dinyanyikan dan menjadi sebuah album.

    [www.famindonesia.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: Ade Ubaidil (FAMili Banten) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top