• Info Terkini

    Saturday, April 27, 2013

    Hima Bindo UMSB Padangpanjang Gelar Seminar Sastra

    PADANGPANJANG – Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Hima Bindo) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Kampus Perguruan Muhammadiyah Padangpanjang, Ahad (28/4) menggelar Seminar Sastra.

    Kegiatan yang dihadiri sekitar 100an mahasiswa itu, menurut Sekretaris Panitia Nora Anggraini, dalam rangka memperingati Hari Sastra Nasional dan mengenang wafatnya penyair Chairil Anwar.

    Hima Bindo UMSB menghadirkan dua narasumber, yaitu Sulaiman Juned, S.Sn., M.Sn, seorang penyair, dosen dan sutradara teater yang dalam materi berbicara tentang riwayat hidup Penyair Chairil Anwar yang melegenda lewat puisi-puisi modern yang dicipatakannya.

    Sementara narasumber kedua adalah Muhammad Subhan, seorang jurnalis dan penulis novel yang juga Ketum Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Dia akan berbicara tentang kiat menembus media massa dan menerbitkan buku.

    “Sebagai mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia acara seperti ini perlu kami angkat untuk mengenang apa yang telah ditorehkan para sastrawan,” ujar Nora.

    Dikatakan, selama ini banyak orang mengenal sosok penyair Chairil Anwar lewat puisi-puisinya yang terkenal, seperti “Aku”, “Tuhanku”, dan lainnya, tetapi kehidupan Chairil yang lebih mendalam sedikit yang mengetahui. Maka, lewat seminar ini diharapkan terjadi dialog dua arah, antara peserta dan narasumber untuk mengupas tuntas sosok penyair Chairil Anwar.

    Sementara, tambahnya, banyak mahasiswa yang juga punya karya tulis (sastra) tetapi bingung cara menerbitkan karya itu di media massa. Lewat materi yang diberikan, diharapkan peserta yang mayoritas mahasiswa UMSB akan terpancing untuk aktif menulis dan menerbitkan karya-karya mereka.

    “Semoga sesudah seminar ini akan banyak lahir karya sastra dari teman-teman mahasiswa di kampus kami,” tambahnya. (*)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hima Bindo UMSB Padangpanjang Gelar Seminar Sastra Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top