• Info Terkini

    Friday, April 5, 2013

    [Resensi Buku] Bukan Cinta Biasa

    Judul Buku: Pesona Odapus
    Pengarang: 25 Cerpenis Indonesia
    Jenis Buku: Kumpulan Cerpen
    Penerbit: FAM Publishing
    Tebal: 222 halaman
    Terbit: 2012
    Cetakan: Cetakan I, Oktober 2012
    ISBN: 978-602-18971-4-0
    Harga: Rp 43. 400,-


    Berbicara soal cinta mungkin tidak akan ada habisnya. Setiap orang pasti memiliki definisi tersendiri atas apa yang disebut dengan cinta. Ada yang mengatakan cinta itu buta dan adapula yang mengatakan cinta itu menyakitkan. Ya, itu adalah sebagian kecil dari pendapat seseorang dalam mendefinisikan arti sebuah cinta. Namun tema cinta yang diusung oleh 25 Cerpenis Indonesia dalam buku antologi cerpen “Pesona Odapus” ini bukanlah sebuah cinta biasa. Tetapi cinta yang dibalut dengan unsur Islami dan berlumuran dakwah dalam setiap rangkaian katanya.

    Judul buku ini diambil dari salah satu cerpen yang ada di dalamnya, yaitu “Pesona Odapus” yang merupakan buah karya Dartia Utari. Cerpen ini mengisahkan seorang perempuan yang bernama Nindy Utami mengalami sebuah tragedi pemerkosaan sewaktu masa kuliah beberapa tahun silam. Kini dunia serasa runtuh baginya. Tuhan pun dipertanyakan keberadaan-Nya kala itu. Bahkan sampai saat ini.

    Namun kesedihan yang dirasakan Nindy sedikit bisa terhapuskan setelah ia mengenal seorang lelaki, anak dari salah seorang teman arisan ibunya yang mengidap penyakit yang menggerogoti tubuhnya. Kian hari kian melemahkan tubuhnya. Tetapi tak pernah mengeluh atas penyakit yang menimpanya itu. Bahkan semua itu membuat Nindy kagum atas kegigihan lelaki itu dalam menjalani hidup. Ini merupakan salah satu cerita hebat yang ada dalam buku ini. Dan masih ada 24 cerpen lainnya yang juga tak kalah menarik.

    Dalam buku yang didominasi kawula muda ini, para penulis sudah cukup pandai dalam hal mengolah kata. Apalagi mereka masih bisa dikatakan para penulis muda yang baru-baru ini mulai menggeluti dunia kepenulisan. Jadi tak heran jika bahasa yang dipakai masih cukup sederhana. Namun ada juga yang sudah cukup lihai dalam hal pemilihan kata dan gaya bahasanya. Sehingga mampu memikat para pembaca.

    Memang semua diciptakan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Dan gaya bahasa setiap penulis buku ini pun berbeda-beda pula. Namun demikian para penulis muda buku ini telah menunjukkan tunas-tunas kepenulisannya. Berharap akan tumbuh, berkembang dan menjulang tinggi sesuai dengan angan-angan dan harapan masing-masing.

    Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kumpulan cerpen di dalam buku ini. Cerita cinta yang disuguhkan merupakan sebuah cinta yang istimewa. Karena cerita yang disajikan memiliki nilai dakwah. Bagi para penggemar cerpen Islami, buku ini layak dan patut untuk untuk dibaca. Dan teramat sayang untuk dilewatkan, karena buku ini menyuguhkan cerita cinta yang bernilai dakwah.

    Peresensi:
    ABI YAZID BASTOMI
    ID-FAM849M-Nganjuk
    Email: abiyazidbastomi@yahoo.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: [Resensi Buku] Bukan Cinta Biasa Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top