• Info Terkini

    Tuesday, April 30, 2013

    [Resensi Buku] Mengawal Mimpi Lewat Buku

    Judul: Membungkus Mimpi
    Kategori: Kumpulan Surat
    Penulis: Muhammad Sofyan Arif, dkk
    Penerbit: FAM Publishing
    Cetakan: I, April 2013
    Tebal: 197 halaman
    ISBN: 978-602-7956-03-2


    Setiap orang tentu pernah bermimpi. Mimpi bisa jadi bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai bunga tidur. Mimpi terkadang dianggap suatu hal yang tak berarti. Namun, ketika mimpi-mimpi itu dirangkai dalam bentuk surat dengan untaian kata-kata yang bernas, maka mimpi-mimpi itu terasa menjadi begitu bermakna. Hal itu dapat Anda temukan dalam buku dengan judul “Membungkus Mimpi” karya Muhammad Sofyan Arif, dkk.

    Buku yang diterbitkan oleh FAM Publishing ini merupakan sekumpulan surat yang ditulis oleh penulis-penulis yang mempunyai mimpi hendak menjejakkan kaki mereka di berbagai negara dengan segudang inspirasi di muka bumi. Ketika kita membaca satu persatu 43 pucuk surat pilihan ini, kita akan menemukan makna betapa anak bangsa ini memiliki visi yang luar biasa. Di tengah kegalauan dan problematika generasi muda yang terjadi di tanah air, ternyata ada segelintir generasi muda yang mempunyai visi untuk maju dan berprestasi.

    Semakin kita menyelami karya tulis yang dikemas dalam bentuk surat ini, kita menemukan betapa para penulis memiliki tekad yang membaja. Tekad mereka untuk maju dan berprestasi melewati batas-batas geografis kenegaraan. Mimpi-mimpi yang telah mereka torehkan begitu mendunia. Salah satunya adalah mimpi yang ditulis Aini. Mimpinya begitu membahana untuk menapaki kegagahan puncak everest. Ia ingin menancapkan bendera Merah Putih di gunung tertinggi di dunia itu. Sebuah mimpi yang mendunia dan penuh dengan makna kebangsaan dan kecintaan pada tanah air.

    Buku ini patut untuk dibaca khususnya para generasi muda harapan bangsa karena syarat dengan nilai-nilai kejuangan, motivasi dan inspirasi. Selain itu, buku ini dapat menjadi referensi bagi kalangan aktivis, akademisi dan pengambil kebijakan karena dapat menambah khasanah dalam merumuskan berbagai program-program pemerintah yang sesuai dengan aspirasi generasi muda.

    Buku “Membungkus Mimpi” terasa memberi nilai tersendiri karena covernya yang cukup apik dan menarik. Di samping itu, dengan adanya profil para penulis yang dilengkapi dengan email masing-masing penulis, para pembaca juga dapat berinteraksi dengan mereka sang pemiliki mimpi dan visi yang begitu menggelora. Tanpa mengurangi makna yang tersirat dalam buku ini, memang terasa bahwa mimpi-mimpi ini tidak fokus pada bidang tertentu, sehingga terkesan terlalu luas. Akan berbeda halnya misalnya ketika mimpi-mimpi itu fokus pada isu tertentu misalnya: pendidikan, profesi, dll. Dengan demikian, gagasannya itu akan lebih mudah dicerna dan diaplikasikan. Namun, buku ini pantas untuk kita baca dan miliki sebagai jawaban atas berbagai problematika yang dialami bangsa ini. Ternyata ada sekelompok anak muda yang potensial dan menginspirasi bangsa lewat surat yang mereka bukukan.

    Peresensi:
    EFRI S. BAHRI
    IDFAM 1157U – Bogor
    Email: efrisb@gmail.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: [Resensi Buku] Mengawal Mimpi Lewat Buku Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top