• Info Terkini

    Sunday, May 12, 2013

    Buku “Gelombang dalam Genggaman” Karya Netrita, S.Pd, M.Pd

    Penemuan alat komunikasi handphone sangat erat kaitannya dengan penemuan teori Gelombang Elektromagnetik oleh James Clerk Maxwell. Keberadaan gelombang elektromagnetik ini dibuktikan oleh Heinrich Rudolfh Hertz beberapa tahun setelah Maxwell meninggal dunia.

    Salah satu spektrum Gelombang Elektromagnetik itu adalah Gelombang Radio. Gelombang radio inilah yang dimanfaatkan untuk alat komunikasi handphone. Penemuan telepon seluler diawali pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobile satu arah. Telepon seluler generasi pertama disebut juga 1G. 1G merupakan telepon seluler pertama yang sebenarnya. Generasi berikutnya adalah generasi kedua atau 2G, yang muncul sekitar tahun 1990an. Di Amerika 2G sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. Generasi ketiga atau 3G menyempurnakan teknologi 2G generasi ini memungkinkan operator jaringan untuk memberi pemakai jangkauan yang luas, termasuk internet. Pada 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE). Wideband CDMA dan CDMA 2000. Generasi keempat 4G merupakan sistem telepon seluler yang menawarkan pendekatan baru, dengan memberikan pemakainya kecepatan tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibelitas untuk menjajahi berbagai teknologi berbeda.

    Di samping kebermanfaatan gelombang elektromagnetik untuk komunikasi, gelombang ini juga memiliki daya radiasi, yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia. Untuk mengurangi pengaruh radiasi tersebut, perlu langkah bijaksana dalam memanfaatkan alat komunikasi handphone.

    [Info pemesanan dan penerbitan buku di FAM Publishing hubungi Call Centre 0812 5982 1511, atau via email: forumaktifmenulis@yahoo.com]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buku “Gelombang dalam Genggaman” Karya Netrita, S.Pd, M.Pd Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top