• Info Terkini

    Monday, May 20, 2013

    Langkah Awal Masuk ke Albert Camus

    Antologi cerpen (cerita pendek) yang berjudul “Jembatan Merah” (JM) memuat 35 cerpen penulis muda diluncurkan oleh Forum Aktif Menulis (FAM) Cabang Surabaya awal tahun 2013. Sebuah kreativitas terpuji dan keberanian yang luar biasa.

    Dunia tulis menulis dan kreativitas merupakan dua hal yang belum terlalu lama dalam peradaban bangsa Indonesia (jika bermula dari periode 17 Agustus 1945). Dunia tulis menulis dan kreativitas dalam peradaban masyarakat Nusantara mungkin sudah berkembang, meskipun belum banyak yang mengungkap dengan baik. Peradaban Indonesia Baru (sejak 17 Agustus 1945) masih banyak sekali meneruskan tradisi kuno Nusantara (termasuk Melayu Lama) yaitu dongeng dan cerita. Akibatnya peradaban Indonesia Baru yang berkembang sangat pesat dan luar biasa itu belum banyak yang mengungkap dan mem-fiksi-kan. Tidak hanya itu saja, dunia kebebasan berpikir, berkreasi, berimajinasi, dan berfiksi juga sangat terbatas.

    Sekelompok penulis muda Indonesia menangkap kelambanan berkreasi, berimajinasi, dan berfiksi bangsa Indonesia itu dengan mendirikan forum penulis yang dinamakan FAM Indonesia. FAM Cabang Surabaya dengan cepat meneruskan ide besar itu dengan melahirkan antologi cerpen JM.

    Kalau kita simak cerpen-cerpen di dalam antologi cerpen JM tampak sekali para penulisnya sangat berani dan luas tema yang disajikan. Cara bertuturnya memang masih sederhana. Begitu pula bentuk cerpennya masih sangat umum, akan tetapi keberanian menyusun alur yang dinamis merupakan keberanian tersendiri. Antologi cerpen JM ini mungkin awal dari perjalanan panjang dalam dunia kreativitas para penulis muda tersebut. Mereka masih akan berkembang pesat dalam dunia tulis menulis. Mereka akan dewasa dalam dunia kreativitas itu sebagaimana para penulis senior dan besar. Mereka akan ditempa waktu dan pengalaman untuk masuk ke dunia yang disebut Albert Camus sebagai “semua tindakan kreatif adalah bentuk “pemberontakan”. Semua pemberontakan selalu terkandung usaha kreatif”. Bahkan mungkin dikemudian hari di antara mereka akan berkembang ke alam kreativitas tulis menulis yang disebut oleh Rollo May: kreativitas sama sekali tidak memedulikan kaidah-kaidah serta hukum-hukum yang berlaku, dan sangat anti konformitas.

    Antologi cerpen JM menunjukkan semakin gigihnya para penulis muda untuk menularkan dan membangkitkan virus kreativitas dan dunia tulis menulis di kalangan masyarakat Indonesia. Di sisi lain terbitnya antologi cerpen JM menunjukkan semakin besarnya minat masyarakat Indonesia untuk masuk ke dalam dunia fiksi, imajinasi artistik, kreativitas, dan tulis menulis. Antologi cerpen dan puisi semacam JM ini mulai banyak di sekolah menengah atas, perguruan tinggi, dan lembaga swadaya masyarakat. Hal ini merupakan gejala yang menyenangkan kita semua. Selamat untuk FAM Cabang Surabaya. Selamat dan sukses antologi JM.

    DRS. ARIBOWO
    Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga
    Ditulis sebagai pengantar Buku Cerpen “Jembatan Merah”, Penerbit FAM Publishing, 2013

    Keterangan Gambar:
    Penyerahan Buku Antologi Cerpen “Jembatan Merah” kepada Drs. Aribowo, Dekan Fakultas Ilmu Budaya UNAIR, Surabaya.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Langkah Awal Masuk ke Albert Camus Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top