• Info Terkini

    Sunday, May 12, 2013

    Novel “Bayang-Bayang Setangkai Padi” Karya Netrita

    Setangkai padi menjadi pelajaran terakhir yang diajarkan Buk Ida kepada murid-muridnya, sebelum menghadap Sang Khalik. Weni merupakan salah seorang murid Buk Zuraida yang berhasil meraih sukses dalam dunia pendidikan. Tahap demi tahap jenjang pendidikan mampu ditaklukkan Weni sekalipun kondisi ekonomi kurang memungkinkan untuk mendukung perjalanan kariernya.

    Liku-liku penempatan tugas dijalani dengan penuh semangat dan berbalut gaun kesabaran. Sekalipun ditugaskan di daerah terpencil yang sebelumnya jauh dari angan-angan dan impian Weni, tapi tidak membuatnya patah semangat sebagai seorang tenaga pendidik. Kondisi lingkungan sosial  masyarakat yang kurang bersahabat  tidak menjadi penghalang bagi Weni dalam menjalankan tugas.

    Weni  selalu memacu semangatnya dengan belajar banyak dari setangkai padi. Setangkai padi yang terdiri dari belasan atau puluhan biji akan berkembang biak sampai tidak terbatas jika dipelihara, dipupuk, dan dirawat dengan baik. Itulah ilmu yang didapat dari seorang guru sekalipun hanya seumpama satu bulir padi, jika diberikan secara turun temurun sesuai  generasi maka ilmu itu akan menjadi kunci sukses bagi orang lain.

    Kesabaran dan ketulusan yang dimiliki guru dalam melakukan pekerjaan sebagai seorang pendidik akan menuai kesuksesan dan kepuasan batin tersendiri. Setangkai padi juga memberikan contoh yang baik untuk ditiru dan diteladani. Setangkai padi akan merunduk jika buah yang dimilikinya mulai beirisi.

    ***

    Sebuah novel yang mengajarkan kesantunan dan pentingnya menghargai ilmu pengetahuan. Ditulis oleh seorang guru dan selayaknya dibaca oleh para guru.

    ~Muhammad Subhan, Ketum FAM Indonesia

    Orang tetua dulu sering mengatakan, dapatkan ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Begitulah setidaknya memaknai isi novel ini; ilmu yang diajarkan guru kepada murid-muridnya akan berguna sepanjang masa. Cerita yang memberi arti penting sebuah keteladanan.

    ~Aliya Nurlela, Sekjen FAM Indonesia

    [Info pemesanan dan penerbitan buku di FAM Publishing hubungi Call Centre 0812 5982 1511, atau via email: forumaktifmenulis@yahoo.com]

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Novel “Bayang-Bayang Setangkai Padi” Karya Netrita Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top