• Info Terkini

    Tuesday, June 25, 2013

    Buku Kumpulan Cerpen “Tulisan” Karya Asrival dkk

    Judul: Tulisan
    Penulis: Asrival dkk
    Penerbit: FAM Publishing & Rumah Kayu
    Tebal: 122 halaman
    ISBN: 978-602-7956-0

    Harga: Rp35.000,- (di luar ongkos kirim)
     
    Kenapa judul buku ini adalah "Tulisan"? Adakah judul ini tidak menarik? Atau tidak adakah judul yang lebih indah dari ini? Apa pentingnya judul ini dengan isi buku?

    Sebenarnya banyak judul cerpen dan puisi yang lebih menarik di dalam buku ini. Seperti "Senja", "Penantian", "Mama Kedua", "Bocah Berseragam Merah Putih", "Daun-Daun Cinta", "Masih Menikmati Mimpi". Tetapi “Tulisan” memiliki posisi tersendiri di hati buku ini. Bunyi dan pesan yang hendak disampaikan. Pengucapan “Tulisan” memiliki keindahan nada dan bunyi. Padanya menumpang proses kreatif 13 penulis, nama-nama baru yang sedang berproses. Ini bukan hanya persoalan isi, buku ini persoalan catatan sejarah terhadap proses kreatif 13 orang penulis. Di sisi lain Tulisan adalah salah satu judul karya yang terhimpun dalam buku ini.

    Mengukir tulisan indah
    Di atas kertas gambar bagian kulitnya yang mengkilap
    Seolah tulisan timbul
    Tinta basah tak mampu mempertanggung jawabkan
    Tersentak sedikit
    Tinta lari terseret tangan yang terdalihkan
    Tulisan itu tak seindah tadi
    Tinta terseret kertas tak menyerap
    Begitu amat disayangkan
    Hasil tak baik
    Yang tinggalpun tak indah

    Tiga belas orang penulis yang ada dalam antologi ini, mereka yang mengikuti pelatihan selama lebih kurang dua bulan, 9 kali pertemuan di Sekmen FLP Sumbar. Ada yang sudah mulai menulis, bahkan ada yang sudah menghasilkan novel namun belum diterbitkan, ada pula yang baru sekedar menulis diari, ada pula yang baru meraba-raba menulis. Semangat dan kerja keras mereka telah mematahkan kata-kata tidak pandai menulis, tidak hobi menulis, tidak bisa menulis, mungkin inilah semangat besar yang lahir dari orang-orang kecil, tidak presiden, tidak bupati, tidak walikota, tidak sastrawan besar, tapi orang-orang yang terus belajar dan belajar untuk menjadi sesuatu. Semangat ini juga yang hendak ditularkan kepada pembaca. Bahkan pembaca pun akan menulis setelah membaca buku ini.

    Terpikat dengan puisi-puisi Hasneni Suryani, "Tulisan", "Anak Manis". Betapa kata-kata ini sederhana dalam kepala saya. Saya terpikat dengan puisi-puisi Windi Pebri Candra, puisi-puisi sufistik, Permohonanku kali ini tolong kirimkan alamat lengkapmu/dalam puisi berjudul "Di Ujung Senja". Cerpen Desi Soneta juga menarik bagi saya, "Gadis Lorong", pembahasan tentang ibu al-Quran. Cerpen-cerpen dan puisi-puisi dari mereka yang terhimpun di sini, cukup memberikan warna. Mereka telah mengaba¬dikan diri mereka dalam tulisan ini, orang-orang kecil yang hidup dalam tulisan-tulisannya yang memberikan sumbangan besar bagi zaman ini.

    Pengaran dan judul karya yang terlibat dalam buku ini, Senja oleh Asrival hal 11, Gadis Lorong oleh Desi Soneta Sari hal 22, Dokter Gigi Udin oleh Dini Widya Herlinda hal 30, Pemuda Itu Bernama Rocky oleh Indah Permata Sari 38, Monolog Patah Hati oleh Lia Irma Juita 43, Dinner oleh Media Purnama Geni 51, Purnama yang Menangis oleh Riri Diana 56, Mama Kedua oleh Riza Alen 63, Penantian oleh Salmaini 73, Mencari Jejak Mila oleh Suri Hastika Sari 82, Sajak-sajak Fitra 87, Sajak-sajak Hasneli Suryani 97,Sajak-sajak Windi Pebri Candra 106.

    [Info pemesanan dan penerbitan buku di FAM Publishing hubungi call centre FAM 0812 5982 1511, atau lewat email: forumaktifmenulis@yahoo.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. hehehhehe boleh itu cuy, baru lihat dan pengen beli sepertinya heheheh
      dan jangan malu-malu untuk kunjungi juga blog saya
      [url=http://idresensi.blogspot.com/2014/11/cinta-indonesia-setengah.html] Cintai Indonesia Setengah[/url]

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Buku Kumpulan Cerpen “Tulisan” Karya Asrival dkk Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top