• Info Terkini

    Tuesday, June 4, 2013

    Penerbitan Antologi Cerpen "Minangkabau, Tanah Nan Den Cinto" Bersama FAM Sumatera Barat

    Minangkabau sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia memiliki berbagai cerita indah akan keberadaanya. Suku yang masyarakatnya membentang dari Tapanuli Selatan hingga Bengkulu dan Jambi, serta dari Samudera Hindia hingga Negeri Sembilan di Malaysia ini memiliki kekayaan budaya dan khazanah kehidupan yang luar biasa. Negerinya yang begitu indah seperti Solok, Bukittinggi, Tanah Datar, Pagaruyung, Sawahlunto, Padang, Payakumbuh, dan Pariaman serta danau-danau yang indah seperti Singkarak, Maninjau, Danau Diatas dan Dibawah dipadu pula dengan gunung-gunung nan menjulang tinggi seperti Merapi, Singgalang, Tandikat, Talang, dan Kerinci menambah keeksotisan negeri Minangkabau. Budayanya yang santun berbalut dengan semaraknya Islam hingga menjadi filosofi kehidupan masyarakatnya yang terkenal dengan "Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah."

    Keragaman seni tradisonal mulai dari tari-tarian, berbagai macam perlombaan adat, hingga keberagaman bahasa dan kehidupan sosial masyarakatnya menjadikan Minangkabau sebagai suku yang berbudaya. Atau, kita juga mengenal tokoh-tokoh Minangkabau yang begitu besar dan hebat seperti Moehammad Hatta, Soetan Syahrir, Tan Malaka, Moehammad Yamin, Nazir Dt Pamoentjak, Buya Hamka, Abdoel Moeis, Agus Salim, Marah Roesli, Moehammad Natsir, Nur Sutan Iskandar, Chairil Anwar, Rasuna Said, hingga tokoh besar Adityawarman menjadikan Minangkabau menjadi suku yang disegani.

    Untuk itu, FAM Sumatera Barat hendak menjadikan budaya Minangkabau sebagai inspirasi para penulis Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya Minangkabau kepada seluruh masyarakat Indonesia. Inspirasi tersebut dapat datang dari ragam budayanya, seni tradisionalnya, keindahan alamnya, keislamannya, watak masyarakatnya, makanannya, hingga kepada tokoh-tokohnya.

    Adapun syarat untuk ikut antologi "Minangkabau, Tanah Nan Den Cinto" ini adalah sebagai berikut:

    1. Peserta adalah warga Indonesia, baik itu anggota FAM Indonesia, maupun non-anggota.
    2. Cerpen merupakan karya sendiri, bukan karya saduran atau karya orang lain dan tidak pernah diikutsertakan di dalam perlombaan atau media massa.
    3. Cerpen bertema "Minangkabau" baik itu tentang budaya, seni tradisional, kehidupan masyarakat, kuliner, keindahan alam, atau tokoh-tokohnya.
    4. Cerpen tidak mengandung pelecehan SARA, unsur pornografi atau kepentingan-kepentingan tertentu.

    Ketentuan Penulisan:
    1. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut EYD.
    2. Bahasa harus sopan dan santun.
    3. Diketik menggunakan font "Times New Roman", ukuran huruf 12, spasi 1.5, dan margin 3, 4, 3, 3.
    4. Menuliskan biodata di halaman akhir (berbentuk narasi, max 150 kata) disertai foto diri.
    5. Naskah dikirim cukup 1 naskah.
    6. Naskah sesuai tema.
    7. Pengiriman dibuka mulai tanggal 3 Juni 2013 berakhir pada tanggal 9 Agustus 2013.
    8. Dikirim ke email FAM Sumatera Barat, "famsumbar@yahoo.co.id"
    9. Naskah yang diikutsertakan menjadi milik panitia (hak cipta tetap milik penulis)
    10. Naskah yang sudah terkirim, akan diedit dahulu di meja panitia, apakah layak atau tidaknya diikutsertakan di dalam antologi.
    11. Akan terpilih 30 naskah untuk diterbitkan oleh penerbit FAM Publishing.

    Keterangan Tambahan:
    1. Penulis dikenakan biaya masing-masing Rp 85.000 (berlaku untuk anggota FAM Indonesia) dan biaya Rp 100.000 (berlaku untuk non anggota FAM Indonesia). Biaya ditransfer setelah karya dinyatakan lolos seleksi untuk diterbitkan. Biaya ditransfer ke: ALIYAH NURLAELLA, BNI Cabang Kediri, Nomor Rekening: 0257598722, atau BRI CABANG MALANG UNIT KESAMBON, NO. REK: 6370-01-003143-53-3. Jika telah mengirim biaya registrasi, konfirmasi ke nomor Hp. 085364294155.
    2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.
    3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda penerbitan. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.
    4. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya kepada panitia: Befaldo Angga, 085364294155.

    Salam Aktif!

    Jazakallah Khairan Katsiran...

    BEFALDO ANGGA
    PANITIA
    FAM 755M, Padang.


    Sumber gambar: google.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Antologi Cerpen "Minangkabau, Tanah Nan Den Cinto" Bersama FAM Sumatera Barat Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top