• Info Terkini

    Saturday, July 20, 2013

    Profil Anggota FAM Indonesia: M. Rizqi Azmi (FAMili Bogor)

    M Rizqi Azmi, Lahir di Padang Luar, Sumatera Barat tanggal 12 April 1985, bersamaan dengan hijrahnya orangtuanya ke Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Ia pun hidup dan besar sampai menamatkan Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Setelah menamatkan SMA, Bangku perkuliahan siap menunggunya untuk pertama kali di Kota Kembang Bandung di Universitas Islam Bandung. Setahun sudah menjalani perkuliahan di Bandung, dinamika kehidupan membawanya kembali ke Pulau Sumatera untuk mengenyam Kuliah di Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) sampai jenjang Magister Hukum Internasional.

    Dinamika Agama, Sosial, Kebudayaan, Politik dan Hukum yang dirasakannya di membuat pikiran dan hatinya gelisah. Sehingga di situlah mulai huruf demi huruf di rangkainya dalam balutan kata dan kalimat yang mengalir dengan kekuatan makna di setiap tulisannya. Selain itu aktivitasnya di Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Unand mendukung dan mengajarinya banyak hal tentang Jurnalisme Sastra yang menjadikan karyanya halus dalam seni kritik sosial, politik dan hukum di media masa. Di sana jabatan Pemimpin Redaksi pernah disandangnya sampai akhirnya dunia pergerakan mahasiswa memanggilnya untuk ikut andil secara konkrit menantang segala kritikan pedas yang pernah ia lontarkan di ruang opini publik. Sehingga akhirnya ia terpiilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unand dan setelah itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unand. Sebelum tamat dari S1 ia menyempatkan bersama teman-teman pergerakan mahasiswa dan Dosen di Unand untuk membuat sebuah buku berjudul “Padang Reconstruction” dengan penerbit Unand Press. Buku ini yang membuatnya mendapatkan penghargaan dari BEM Unand sebagai Pelopor Kajian Rekonstruksi Kota Padang dalam Karya Tulis. Buku ini mengkaji penanganan dan pembangunan kembali Kota Padang Pasca Gempa Dahsyat 30 September 2009 yang menghancurkan Kota Padang dan sekitarnya. Dalam prosesi wisuda beliau dianugerahi penghargaan sebagai Bintang Aktifis Kampus dari Rektor Universitas Andalas.

    Ia juga pernah bergabung dalam Forum Lingkar Pena Wilayah Sumbar untuk menggali lebih dalam cara-cara penulisan kreatif. Di tahun akhir perkuliahan, BBC London Indonesia juga pernah mengundangnya untuk mengikuti pelatihan kewartawanan sehingga ia pernah ditunjuk sebagai Kontributor berita BBC London. Aktivitas lainnya beliau pernah aktif sebagai Kepala Divisi Fund Rising Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Sumbar sampai tahun 2009 dan Peneliti Hukum di PAHAM Indonesia sampai sekarang. Selain itu beliau aktif sebagai Konsultan Hukum QR Institue dan Vice Director Of Research Cicero Research Center (CRC). Aktif juga dalam International Youth Leader Forum dan International Youth Parlemen. Pekerjaan dan amanah saat ini berkutat sebagai Advokat dan Staf Ahli DPR RI serta menjadi Dosen di Berbagai Kampus swasta di Jakarta dan Riau.

    Karya-karyanya menyebar di berbagai media masa baik cetak, online dan jurnal ilmiah  semenjak di dunia kampus. Di antara Karya Ilmiah yang pernah dipublikasikan seperti Buku berjudul “Demokrasi, Penegakan dan Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual”, UIR PRESS, 2011 dan Jurnal berjudul  Legal Means dalam Me-Ratifikasi Perjanjian Internasional ke dalam Perundang-undangan Nasional, Jurnal Konstitusi PUSaKo Universitas Andalas-Mahkamah Konstitusi, Desember 2010.

    Melalui Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, ia ingin berkontribusi banyak menyebarkan dan memberikan secercah gagasan untuk membangun bangsa Indonesia ke depan yang lebih baik. Minimal bagi dirinya untuk menjaga semangat kritis nan kreatif tetap hadir dalam sanubari yang kecil namun memiliki sensitifias yang tinggi. Beliau dapat di hubungi melalui e-mail: mr_azmi12@yahoo.com atau m.rizqi.azmi@gmail.com.

    [www.famindonesia.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Anggota FAM Indonesia: M. Rizqi Azmi (FAMili Bogor) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top