• Info Terkini

    Saturday, August 3, 2013

    Tips Mudik Ala FAM Indonesia

    FAMili, lebaran Idul Fitri Anda mudik ke mana? Bagi yang merencanakan mudik, FAM mengingatkan untuk selalu berhati-hati di jalan, mengikuti aturan rambu-rambu lalu lintas, dan FAM turut mendoakan semoga sampai di tujuan (pergi-pulang) dengan selamat.

    Bagi FAMili yang mudik, jangan lupa tips ini:

    1. Mempersiapkan segala sesuatunya untuk kebutuhan di jalan, baik barang dan uang. Kalau tidak siap, tentu tidak jadi mudik :).

    2. Buat perencanaan, selama di perjalanan, untuk menghilangkan jenuh dan bosan, siapkan buku apa saja yang hendak Anda bawa dan hendak dibaca. FAM menganjurkan membawa buku-buku yang menyegarkan pikiran, seperti novel atau buku-buku motivasi.

    3. Jangan membaca buku saat mengemudi, karena bisa membuat Anda celaka atau ditilang polisi. Jangan juga membaca buku ketika berhenti di persimpangan lampu merah, sebab Anda akan ‘diomelin’ oleh pengemudi di belakang Anda. Dan jangan membaca buku saat tertidur, karena kalau lagi tidur otomatis Anda tidak bisa membaca, kecuali mengigau :).

    4. Letakkan buku yang Anda bawa di bagian tas yang aman dan nyaman, sehingga buku tidak robek atau rusak lantaran terhimpit barang-barang lainnya. Jangan sekali-sekali menggunakan buku sebagai penutup rantangan, nanti aroma buku menjadi aroma rendang :).

    5. Saat bersilaturahim dengan orang-orang di kampung, ada baiknya juga Anda berbagi buku, sebagai pengganti THR (Tunjangan Hari Raya). Sebab, THR sehari-dua hari bisa habis dibawa ke warung, tapi THR berupa buku akan abadi, kecuali bila bukunya dijual ke tukang loak :).

    6. Bagi Anda penulis buku, jadikan momen mudik sebagai momen mempromosikan buku Anda. Bawa ‘sample’ buku Anda ke daerah tujuan mudik, promosikan ke semua orang; tetangga, keluarga, ipar-besan, anak-cucu-cicit, dan bila perlu buat kartu nama yang mencantumkan kover buku Anda, dan bila berjumpa orang bagikan saja kartu nama itu. Tapi bukan untuk kampanye agar Anda dipilih jadi anggota dewan :).

    7. Di lokasi mudik, hadiahkan buku Anda kepada satu-dua orang yang berpengaruh di daerah itu dan Anda mengenalnya. Minta kepadanya untuk mempromosikan buku Anda. Misal, Anda kenal dengan Pak RT di kampung Anda, hadiahkan buku Anda kepada beliau, pasti nanti siapa pun yang berurusan ke rumah RT, Pak RT akan senang hati mempromosikan buku Anda itu, apalagi Pak RT mendapat buku gratis :).

    8. Datangi juga pengurus Remaja Masjid/Musala di kampung Anda, minta mereka merencanakan bedah buku di Masjid/Musala, dan atur saja kapan waktu yang pas. Tentu mereka akan sangat senang orang kampungnya menulis buku. Sumbangkan juga satu buku untuk perpustakaan Remaja Masjid itu.

    9. Sebelum pulang ke kota domisili Anda, sempatkan pula bersilaturahim ke rumah guru-guru Anda, baik sewaktu SD, SMP, SMA, dan mintalah guru tersebut ‘memperkenalkan’ (bilang saja terus-terang promosi, hehehe) buku Anda kepada siswa-siswanya di sekolah. Pasti guru itu akan sangat senang sekali mantan muridnya sukses menerbitkan buku, apalagi bila buku Anda best seller.

    10. Terakhir, FAM mau titip promosi juga :), jangan lupa promosikan FAM Indonesia kepada orang-orang di kampung Anda, dan ajak mereka mengunjungi website FAM di www.famindonesia.com, atau bergabung di grup FAM dengan meng-klik: https://www.facebook.com/groups/forumaishiterumenulis/. Mana tahu, ada satu-dua di antara warga di kampung Anda berminat menjadi penulis bersama FAM Indonesia :).

    Nah, selamat mudik. Semoga sukses sampai tujuan, salam dari Keluarga Besar FAM Indonesia.

    Minal ‘Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

    Salam santun, salam karya.

    FAM INDONESIAwww.famindonesia.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips Mudik Ala FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top