• Info Terkini

    Thursday, October 17, 2013

    Novel “Gadis Berbudi” Karya Irzen Hawer

    Judul: Gadis Berbudi
    Penulis: Irzen Hawer
    Kategori: Novel
    Terbit: 2013
    Tebal: 472 hlm; 13x19 cm
    Harga: Rp58.000,-
    ISBN: 978-602-7956-30-8

    Untuk Irzen Hawer, ternyata kreativitas, stamina dan produktivitas berlangsung sejajar. Alhamdulillah, saya gembira sekali. Rumah Puisi sebagai almamater bersyukur sekali dengan terbitnya Gadis Berbudi ini, dicatat dalam rumah puisi. Semboyan kita: baca, baca, baca, dan tulis, tulis, tulis. Sekali lagi selamat untuk Irzen Hawer.

    ~Taufiq Ismail, Penyair, pendiri Rumah Puisi Aie Angek

    Tidak satu jalan ke “Mekkah”, Siti sang gadis dari Simawang itu telah mencari jalan untuk mengubah nasibnya. Dengan keyakinan menggapai cita yang senantiasa mengalir dalam dinamika upaya berbingkai keluhuran budi telah mengantarkan Siti pada puncak kebahagiaan yang tak terduga. Irzen Hawer dengan kepiawaiannya mampu membangun ruang imajinasi edukatif, rasa nasionalisme dan kepedulian antar sesama anak negeri. Itu ia bangun berdasarkan serangkaian pengalaman pahit, baik psikologis maupun materil yang beragam corak dialami oleh mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan Miskin (Bidikmisi) di Institut  Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, menjadi karya yang patut dan perlu dibaca.

    ~Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar., M.Hum, Rektor ISI Padangpanjang

    Sebuah kisah melodrama yang ditulis dengan bahasa yang lancar, dan tak bertele-tele. Pengarang berhasil menggiring pembacanya tanpa airmata, karena tokohnya yang jujur, sederhana, berdedikasi dan mandiri. Perlu dibaca sebagai motivasi bagi generasi sekarang.

    ~Syarifudin Arifin, sastrawan, wartawan, budayawan minang, tinggal di Padang

    Tema perjodohan memang kaya dengan konflik dan masih menjadi daya tarik yang tiada pernah kering. Sebagaimana novel ini punya liku-liku yang pelik, yang menunjukkan betapa rumitnya sebuah hubungan antar manusia di dalam sebuah keluarga. Tidak semua keinginan bias dicapai dengan kehendak yang memaksa, yang kemudian justru menimbulkan sebuah kehancuran. Gadis Berbudi, sebuah cerita yang mengandung nilai edukatif yang cocok dibaca bagi mereka yang ingin memahami suatu hubungan, sebuah sisi dunia lain yang kita jalani juga.

    ~Arafat Nur, Penulis Novel, Pemenang Dewan Kesenian Jakarta 2010 dengan judul novelnya “Lampuki” dan penerima anugerah Khatulistiwa Literary Award 2011, tinggal di Aceh Utara

    Novel ini bagi saya ibarat penyejuk hati, karena dibumbui oleh kisah keteladanan. Dirangkai dengan kalimat yang apik dari tangan seorang penulis kenamaan sekelas Irzen Hawer. Patut dibaca oleh kawula muda.

    -Muhammad Muhsin Lahajji, Penulis novel Perjalanan Menuju Langit, tinggal di Sawahlunto

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Novel “Gadis Berbudi” Karya Irzen Hawer Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top