• Info Terkini

    Tuesday, December 24, 2013

    Wagub Sumatera Barat Dukung Gerakan Literasi FAM Indonesia

    PADANG - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Muslim Kasim, menyatakan dukungannya pada aktivitas dan kreativitas Forum Aktif Menulis (FAM) Wilayah Sumatera Barat. Pernyataan itu disampaikan Muslim Kasim ketika menerima kunjungan silaturahim panitia Konser Puisi “Akulah Sang Raja” dan Pengurus FAM Sumatera Barat, Senin (23/12) malam di rumah dinas Wagub.

    Wagub Muslim Kasim yang juga penulis beberapa buku ini sangat antusias menyambut kedatangan Koordinator FAM Wilayah Sumatera Barat sekaligus Ketua Panitia Konser Puisi, Denni Meilizon didampingi pengurus Muhammad Fadhli, Bevaldo Angga dan “Raja Penyair” Pinto Janir.

    Bahkan, Wagub yang juga Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Barat ini berjanji menfasilitasi sebuah sekretariat untuk aktivitas FAM Wilayah Sumatera Barat di salah satu ruang di Gedung Pramuka Sumbar Jalan Khatib Sulaiman Padang.

    Pada kesempatan itu Wagub Muslim Kasim berharap, kehadiran FAM Indonesia akan menjadi pelopor bagi “Sanggar Pramuka Gemar Menulis” sebagai cikal akan bakal dibentuknya Persatuan Pers Pramuka Sumbar.

    "Saya mendukung gerakan gemar menulis. Nanti, kita adakan berbagai pelatihan menulis di aula Pramuka Sumbar. Menulis adalah salah satu media kecerdasan bagi anak bangsa dalam membentuk kebudayaan yang berakar pada nilai-nilai dan budaya leluhur kita. Dengan menulis, ayo kita gali kekayaan budaya kita,” kata Wagub optimis dan semangat.

    Pada kesempatan itu, Wagub menyatakan kesediaan untuk ikut membuka dan memberikan orasi kebudayaan pada acara Konser Puisi “Akulah Sang Raja” yang akan digelar pada 31 Desember 2013 malam di gedung utama Taman Budaya.

    "Dulu saya pernah membuat puisi yang terkumpul pada sebuah catatan yang saya jilid. Kumpulan puisi saya bertema Lingkungan Hidup dan Bumi. Coba saya cari lagi, siapa tahu masih ada,” ujar Wagub seraya menyatakan keinginan untuk ikut membaca puisi di malam akhir tahun tersebut.

    Ditambahkannya, puisi membentuk karakter seseorang. Dia suka menulis puisi sejak remaja. “Carilah waktu, kita adakan dialog kerbudayaan di rumah dinas saya ini. Undang beberapa pegiat dan pelaku seni. Mari kita berdiskusi mencari solusi atas apa yang sedang terjadi demi perubahan untuk lebih baik, terutama dalam membangun kesenian dan kebudayaan,” ujar Wagub yang sangat cinta pada nilai-nilai luhur kebudayaan Minang.

    Konser Puisi “Akulah Sang Raja” digagas penyair Pinto Janir bekerjasama dengan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Komunitas Seni Nan Tumpah, Indojati dan Grup Dendang 15. Konser ini terbuka untuk umum, gratis, dan akan dihadiri sejumlah penyair, seniman, pelaku seni, dan masyarakat umum lainnya di Sumatera Barat. (*)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wagub Sumatera Barat Dukung Gerakan Literasi FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top