• Info Terkini

    Saturday, April 5, 2014

    Surat Pernyataan Originalitas Karya untuk Apa?

    FAMili, dalam setiap event perlombaan yang dikelola secara profesional, pihak penyelenggara—siapa pun dan lembaga apa pun penyelenggaranya—selalu mencantumkan syarat dan ketentuan bahwa peserta harus membuat “Surat Pernyataan Originalitas Karya”. Sebenarnya surat itu untuk apa?

    Demikian banyak pertanyaan diajukan kepada Admin FAM Indonesia. Maka, FAM dapat menjawab sebagai berikut:

    1. Surat Pernyataan Originalitas Karya dibutuhkan sebagai bentuk sebuah “pertanggungjawaban” penulis terhadap keaslian (original) karya yang ia tulis.

    2. Dalam beberapa event lomba menulis yang digelar FAM Indonesia, selalu ditemukan karya-karya peserta yang terbukti tidak original, alias plagiat dari tulisan orang lain, baik sebagian maupun keseluruhan. Ukuran plagiat dimaksud adalah “mengutip teks secara utuh karya orang lain dan mengklaimnya sebagai karya sendiri”.

    3. FAM Indonesia sebagai komunitas penulis yang orientasinya “membina”, oknum-oknum penulis tersebut hanya diingatkan dan tetap diberi arahan agar menjadi penulis yang jujur, tidak instan, dan menjunjung tinggi etika kepenulisan. Namun demikian, tulisan-tulisan yang terbukti plagiat, tetap diberlakukan sistem gugur (diskualifikasi) atau tidak diikutsertakan di dalam event dimaksud.

    4. Tim Juri maupun Tim FAM Indonesia selalu melakukan kroschek tulisan yang “mencurigakan” dengan mencocokkan tulisan itu kepada tulisan yang diduga diplagiat lewat mesin pencari di internet (google, yahoo, dan sejenisnya). Pencocokan karya dugaan plagiat juga merujuk kepada sumber-sumber data yang dimiliki FAM Indonesia.

    5. Begitu juga, FAM Publishing sebagai Divisi Penerbitan FAM Indonesia, tidak serta merta menerima naskah untuk diterbitkan jika naskah diduga memuat materi yang tidak original (tidak asli karya penulis) meski proses penerbitan sepenuhnya dibiayai penulis. Artinya, FAM Publishing (yang masih merupakan penerbit Self Publishing) tidak semata-mata mengejar target finansial (uang), namun juga melakukan edukasi untuk tetap menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual orang lain agar tidak dilanggar oleh oknum penulis-penulis tertentu yang ingin mendapat keuntungan secara instan.

    Demikian penjelasan FAM Indonesia untuk menjadi rujukan terutama bagi penulis-penulis pemula yang ingin terjun di dunia kepenulisan. “Penulis yang sukses adalah penulis yang berpeluh-peluh menjalani proses kreatifnya dan bangga dengan hasil karyanya sendiri”.

    Salam santun, salam aktif!

    FAM INDONESIA

    Sumber ilustrasi: sepatufutsalasli.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surat Pernyataan Originalitas Karya untuk Apa? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top