• Info Terkini

    Monday, May 12, 2014

    Penerbitan Antologi Cerpen “Cerita di Balik Kotaku”

    Masjid Raya Medan. (Sumber: antik.web.id)
    FAMili, dalam rangka peresmian FAM Wilayah Medan, Sumatera Utara, FAM Medan menggagas penerbitan buku antologi cerpen bertema “Cerita di Balik Kotaku (Medan)” karya anggotanya. Namun, penerbitan antologi ini juga terbuka untuk umum baik anggota FAM/nonanggota FAM Indonesia.

    Tema ini menjadi pilihan karena Medan adalah kota metropolitan dan heterogen dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Medan adalah kota menarik dengan segala potensi yang dimilikinya serta meninggalkan kesan mendalam bagi yang pernah mengunjunginya. Kami berharap pengalaman para penulis ini dapat memberikan kontribusi dalam penulisan cerpen yang berlatar belakang tempat/ budaya Medan, Sumatera Utara.

    Demikianlah penggagasan penerbitan antologi ini. Harapannya dari karya tulis ini dapat memberikan inspirasi dan gambaran aktual tentang kondisi Medan khususnya atau Sumatera Utara umumnya.

    Adapun syarat/ketentuan mengikuti penerbitan antologi ini adalah sebagai berikut:

    1. Peserta adalah anggota Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang mengantongi nomor ID keanggotaan FAM Indonesia, maupun nonanggota.

    2. Naskah cerpen harus asli karya sendiri, bukan jiplakan atau terjemahan dan tidak sedang  diikutsertakan pada event lomba menulis di mana pun.

    3. Cerpen bertema: “Cerita di Balik Kotaku (Medan)”

    4. Cerpen diketik rapi dalam Microsoft Word 2007 menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Ukuran kertas A4, font Times New Roman, size 12, spasi 1,5. Margin normal.

    5. Panjang naskah maksimal 5 (lima) halaman.

    6. Cantumkan juga biodata (ditulis dalam bentuk narasi) disertai foto diri di akhir naskah.

    7. Masing-masing calon peserta hanya boleh mengirim maksimal 1 judul naskah.

    8. Naskah cerpen dikirim ke email: fam_medan@yahoo.com berupa lampiran (attacthment) bukan di badan email. Kirim dengan subjek : CERDAN-Judul Cerpen-Nama Penulis-No. HP. Contoh: CERDAN-Cerita di Balik Kotaku-Shafa Vhierani-085761976768.

    9. Di badan email tuliskan pesan singkat/surat pernyataan yang menyebutkan bahwa naskah tersebut asli karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Tuliskan nama lengkap dan alamat lengkap (untuk pengiriman buku jika naskah lolos seleksi).

    10. Cerpen dikirim paling lambat 3 Juni 2014.

    11. Naskah cerpen yang diikutsertakan dalam antologi ini menjadi milik panitia (hak cipta tetap pada penulis). Semua penulis yang naskahnya lolos seleksi akan mendapatkan piagam penghargaan yang dikirim via email (setelah buku terbit).

    Keterangan tambahan:

    1.Biaya penerbitan buku antologi cerpen ini ditanggung bersama-sama. Apabila cerpen  yang dikirim dinyatakan lolos, maka masing-masing penulis menginfakkan biaya Rp90.000,- (khusus anggota FAM Indonesia) atau Rp100.000,-(nonanggota FAM Indonesia). Nomor rekening untuk pengiriman biaya penerbitan bagi yang lolos seleksi akan dikirim via email.

    2. Biaya tersebut akan digunakan untuk proses cetak buku, meliputi pembuatan kover, layout halaman isi, pengurusan ISBN, dan biaya kirim buku ke alamat masing-masing penulis.

    3. Masing-masing penulis akan mendapat 1 (satu) buku antologi sebagai tanda bukti terbit. Bila penulis ingin memiliki buku dalam jumlah lebih, maka dapat membelinya kepada FAM Indonesia.

    4. Buku dicetak dalam jumlah terbatas yang diniatkan memotivasi anggota FAM Indonesia dan peserta untuk aktif menulis dan berkarya.

    Ditunggu partisipasi dari FAMili sekalian.

    Mari menjadikan tulisan sebagai napas kita dan mari mengabadikan diri dalam tulisan.

    Demikian informasi ini kami sampaikan, hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan kepada panitia penerbitan lewat email: fammedan@yahoo.com atau hubungi Koordinator FAM Medan, Rahimah Ib melalui nomor HP 085 372 067 534.

    Salam santun, salam karya.

    FAM CABANG MEDAN & SEKITARNYA
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penerbitan Antologi Cerpen “Cerita di Balik Kotaku” Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top