• Info Terkini

    Monday, September 29, 2014

    Bagaimana Cara Menulis Esai yang Baik?

    Assalamualaikum. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan ke Tim FAM Indonesia, yaitu:

    1. Bagaimana cara menulis esai yang baik?
    2. Apakah esai berbeda dengan artikel? Kalau iya bisa dijelaskan apa bedanya.
    3. Apa saja yang harus disiapkan untuk menulis esai?

    Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Saya tunggu balasannya ya admin.

    Salam aktif.
    YESSI
    IDFAM 2200M, Bukittinggi

    Jawaban Tim FAM indonesia:

    Waalaikumussalam, Yessi. Pertanyaan tersebut dapat kami jawab sebagai berikut:

    1. Menulis esai yang baik adalah dengan banyak-banyak membaca esai karya orang lain. Dengan membaca itu, Anda akan memahami bagaimana gaya tulisan beragam penulis esai. Di mana bisa mendapatkan sumber bacaan itu? Banyak sekali, terutama di surat kabar, majalah, buku, maupun di situs-situs online. Nah, setelah paham bagaimana para penulis itu menulis esai mereka, coba belajar menulis esai sendiri. Tentu tidak satu-dua esai saja, sebanyak-banyaknya, agar Anda mahir menulis dan kelak akan paham sendiri gaya kepenulisan Anda.

    2. Ya, esai dan artikel beda, walau banyak yang mengatakan sama (baca: mirip). Namun esai ditulis lebih bebas aturan dan gayanya, bahkan tak jarang penulis-penulis esai memasukkan unsur sastra di dalam esainya. Esai cenderung ditulis dengan pandangan subjektif penulisnya. Sering juga penulisnya menggunakan kata “saya” dalam tulisannya. Sedangkan artikel ditulis lebih serius, kadang penuh dengan sumber referensi yang sedikit mengerutkan kening ketika membacanya.

    3. Persiapan menulis esai tidak terlalu rumit. Yang paling penting adalah bagaimana Anda menguasai bahan tulisan itu. Di mana Anda bisa mendapat bahannya? Tak ada lain selain memperbanyak sumber bacaan, jika perlu melakukan riset. Esai-esai yang ditulis oleh penulis-penulis senior dan enak dibaca, tentu karya mereka tidak instan. Mereka bertekun-tekun menulis, di rumah mereka penuh dengan buku, dan tak ada hari tanpa menulis.

    Nah, Anda pun dapat menjadi penulis esai yang hebat kelak, asalkan terus berlatih, banyak membaca buku dan membaca karya orang lain, sering berdiskusi agar wawasan terbuka, serta segera menulis dan mengirimkannya ke media massa.

    Demikian jawaban Tim FAM Indonesia. Semoga cukup membantu atas pertanyaan yang diajukan tersebut.

    Salam santun, salam aktif!
    TIM FAM INDONESIA

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Klik caranya DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bagaimana Cara Menulis Esai yang Baik? Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top