• Info Terkini

    Tuesday, September 30, 2014

    Lomba Menulis Puisi Akrostik Berhadiah Novel Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh dan Rinai Kabut Singgalang

    Dibuka: 1 Oktober 2014
    Deadline: 5 November 2014
    Pengumuman Pemenang: 15 November 2014

    Salam literasi!

    FAMili, apa kabar Anda hari ini? Semoga sehat dan terus aktif berkarya. Kali ini FAM mengundang keaktifan Anda kembali dalam event menulis berikutnya, yaitu: “Lomba Menulis Puisi Akrostik”. Ini adalah lomba bulanan di grup FAM Indonesia.

    Anda pernah mendengar Puisi Akrostik? Untuk penulis pemula yang ingin belajar menulis puisi, kiat menulis Puisi Akrostik ini patut dicoba. Jika terus dilatih, kelak Anda akan mahir menulis puisi, bahkan berpeluang menjadi penyair hebat. Nah, lalu apa itu Puisi Akrostik?

    Puisi Akrostik adalah puisi yang huruf-huruf pangkalnya bila dibaca dari atas ke bawah membentuk nama orang, terutama nama penulisnya. Tapi boleh juga nama orang lain, atau nama-nama yang Anda kenal, misal nama gunung, nama kota, nama jalan, nama gedung, dan lain sebagainya. Contoh Puisi Akrostik (Perhatikan Huruf Besar di Kata Pertama Setiap Baris Puisi):

    NAJLA

    Nanti, di suatu hari yang entah
    Aku akan buktikan pada dunia
    Jejakku telusuri belantara benua
    Lukiskan mimpi dan cita-cita
    Aku, kata Umi, bisa.

    Najla Al-Faiq, Kediri
    #LombaPuisiAkrostik Berhadiah Novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh” dan Novel “Rinai Kabut Singgalang”

    Nah, begitu salah satu contoh sederhana Puisi Akrostik. Kamu juga bisa menulis dan merangkai kata-kata puitis. Ayo, cobalah. Jadilah penyair!

    Oke, apa saja syarat dan ketentuan lomba menulis Puisi Akrostik ini? Nah, ini dia:

    1. Peserta terbuka untuk umum, gratis (tidak dipungut biaya apa pun), baik sebagai anggota maupun nonanggota FAM Indonesia.

    2. Puisi Akrostik bertema bebas dan kreatif, dianjurkan memuat pesan-pesan moral universal.

    3. Puisi harus original (asli), bukan saduran apalagi ‘mencomot’ karya orang lain (plagiat).

    4. Panjang Puisi disesuaikan dengan kata Akrostik yang ditulis, tentu tidak lebih dari 1 (satu) halaman.

    5. Puisi diposting langsung di dinding Grup “Forum Aishiteru Menulis” (grup yang dikelola FAM Indonesia) dan di dinding akun masing-masing tanpa perlu di-tag ke teman-teman Anda (sebab itu mengganggu dan merepotkan). Bagi yang belum bergabung di Grup silakan klik:  https://www.facebook.com/groups/forumaishiterumenulis/.

    6. Jumlah Puisi yang diikutsertakan maksimal 2 (dua) Puisi.  Postingan Puisi tidak boleh sekaligus, melainkan satu persatu di posting di grup “Forum Aishiteru Menulis” dan di akun pribadi peserta.

    7. Selain diposting di Grup “Forum Aishiteru Menulis”, Puisi juga dikirim ke email: famindonesia@gmail.com dengan subjek “LOMBA PUISI AKROSTIK”. Puisi yang dikirim ke email FAM diharapkan menyertai: Nama Lengkap, Alamat Domisili, Email, dan Nomor Handphone yang dapat dihubungi.

    8. Puisi ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, tetap memerhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

    9. Di bawah Puisi dicantumkan Nama Peserta, Asal Kota dan Kode Lomba diawali tanda pagar (#), misal: #LombaPuisiAkrostik Berhadiah Novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh” dan Novel “Rinai Kabut Singgalang” (pada tanda pagar (#) dan LombaPuisiAkrostik, huruf-hurufnya dirapatkan). Lihat Kode Lomba pada Contoh Puisi Akrostik di atas.

    10. Lomba dibuka mulai tanggal 1 Oktober 2014 dan ditutup pada tanggal 5 November 2014. Pengumuman Pemenang tanggal 15 November 2014, pukul 20.30 WIB di Grup “Forum Aishiteru Menulis”.

    HADIAH-HADIAH
    Terbaik 1:
    Paket Novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh” + Novel “Rinai Kabut Singgalang” + Buku Cerpen “Fesbuk” + Piagam Penghargaan

    Terbaik 2:
    Paket  Novel “Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh” + Buku Cerpen “Fesbuk” + Piagam Penghargaan

    Terbaik 3:
    Paket  Buku Cerpen “Fesbuk” + Piagam Penghargaan

    SELURUH PESERTA AKAN MENERIMA PIAGAM PENGHARGAAN DARI FAM INDONESIA

    Demikian Pengumuman ini disampaikan, dan ditunggu Pantun Terbaik Anda.

    Salam aktif, salam literasi!

    FAM INDONESIA

    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Klik caranya DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomba Menulis Puisi Akrostik Berhadiah Novel Lukisan Cahaya di Batas Kota Galuh dan Rinai Kabut Singgalang Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top