• Info Terkini

    Tuesday, September 30, 2014

    Sebelum Sukses, JK Rowling Alami Banyak Penolakan dari Penerbit

    www.dailymail.co.uk
    Sejak kecil, wanita ini memang sudah memiliki kegemaran menulis. Bahkan di usia 6 tahun, ia sudah mengarang sebuah cerita. Kebiasaan ini terus dipelihara hingga ia dewasa.

    Sejak perceraian dengan suaminya, ia menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi serba kekurangan.

    Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai.

    Ia tidak memiliki komputer, dan hanya punya mesin tik tua. Ia juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar foto kopi ia sangat kesulitan. Maka penulis ini terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit.

    Buku yang dibuatnya adalah Harry Potter. Buku Harry Potter telah terjual lebih dari 400 juta kopi. Dan dia menjadi penulis dengan penjualan terbanyak dalam sejarah.

    Sunday Times Rich List (2008) mengungkap kekayaannya mencapai US$ 798 million (Rp 7,9 triliun) dan menempatkannya sebagai salah satu wanita terkaya di dunia.

    Padahal 15 tahun sebelumnya, pada tahun 1995, dengan susah payah ia terpaksa menyalin naskah dengan mengetik ulang menggunakan mesin ketik manual.

    Naskah yang selesai dengan susah payah tersebut tidak lantas langsung diterima  dan meledak di pasaran. Berbagai penolakan dari pihak penerbit harus ia alami dahulu. Tetapi ia menjalaninya dengan sabar dan tegar.

    Keberhasilan Harry  Potter adalah hasil dari sikap pantang menyerah dan kerja keras yang luar biasa.

    Banyak penulis yang menuntut banyak fasilitas ketika berkarya. Ada yang menuntut suasana sepi di villa, ada yang harus menyendiri dahulu untuk mendapat inspirasi, dan berbagai tuntutan lainnya.
    JK Rowling tidak punya banyak pilihan. Ia harus berkarya dengan apa pun yang dimiliki, tapi hasilnya sebuah karya yang fenomenal. Nah, bagaimana dengan Anda? (*)

    Sumber artikel: spiritzmotivasi.blogspot.com


    Ingin menerbitkan buku di FAM Publishing? Klik caranya DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    1. penulis hebat memang lahir dari tempaan & cobaan yang berat

      ReplyDelete

    Item Reviewed: Sebelum Sukses, JK Rowling Alami Banyak Penolakan dari Penerbit Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top