• Info Terkini

    Sunday, October 19, 2014

    Kopdar 21 FAM Surabaya Undang Pembicara Ustaz M. Anwar

    FAM Surabaya
    Surabaya (FAMNews) – Forum Aktif Menulis Indonesia Cabang Surabaya atau yang biasa disebut FAM Surabaya mulai membuka langkah di tahun ketiganya. Berbekal semangat bersinergi untuk berbagi, FAM Surabaya menggelar Kopdarnya yang ke-21 pada Ahad, 19 Oktober 2014 pukul 09.30 di Taman Bacaan Masyarakat Taman Flora (Kebun Bibit) Bratang Surabaya.

    Mengangkat tema “Kiat Menulis Non Fiksi”, FAM Surabaya menghadirkan seorang narasumber yang kompetensinya tidak perlu diragukan lagi, yaitu M. Anwar Djaelani atau yang juga biasa disapa dengan Ustadz Anwar.

    Beliau adalah seorang kolumnis di berbagai media cetak, penulis buku “Warnai Dunia dengan Menulis”, dan juga pengurus Yayasan Bina Qalam.

    Meski berdurasi hanya sekitar 2 jam, namun sebelas pecinta menulis yang hadir pada kopdar kali ini merasa cukup terpuaskan karena mendapat bekal berharga berupa ilmu baru dari Ustadz Anwar.

    Sebagaimana catatan Reffi Dhinar Seftianti, anggota FAM Indonesia yang juga hadir pada kopdar tersebut, Ustadz Anwar banyak memberi motivasi dan ilmu seputar penulisan nonfiksi.

    Di awal pertemuan, Anwar Djaelani memberi suntikan motivasi pada peserta yakni dengan menjelaskan tiga kelebihan utama menulis. Menulis dapat menjangkau pembaca secara lebih luas, memungkinkan dapat menghasilkan sebuah karya yang abadi dan mampu menggerakkan hati pembacanya.

    Selanjutnya, Ustadz Anwar memberi pengajaran mengenai teknik penulisan artikel ilmiah populer. Peserta kopdar diajari teknik menemukan tema, penguasaan materi tulisan, pembuatan outline dan menyusun isi artikel yang baik.

    Selain teori singkat, Ustadz Anwar juga memberi contoh artikelnya yang pernah dimuat di surat kabar. Teori dipadukan contoh aplikasi, membuat penjelasannya semakin mudah dipahami. Ustadz Anwar juga memberikan wawasan berupa jenis-jenis karya nonfiksi selain esai, seperti feature dan juga karya tulis ilmiah.

    Diharapkan, pascakopdar ini, para pecinta menulis di Surabaya semakin gandrung dengan membaca dan menulis, dan terus bergerak untuk menjadikan literasi sebagai budaya bangsa. (*)

    Lihat Koleksi Buku Karya Anggota FAM Indonesia DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Kopdar 21 FAM Surabaya Undang Pembicara Ustaz M. Anwar Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top