• Info Terkini

    Monday, November 24, 2014

    Aulia Rahman, Menulis Karena Ingin Jadi Penulis

    Aulia Rahman
    Aulia Rahman, itulah nama lengkapnya. Lahir di Padang pada tanggal 18 Oktober 1989. Merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Kegemarannya menulis bermula semenjak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Waktu itu ia sering dibelikan majalah anak-anak oleh kakaknya. Walaupun hampir semua majalah itu adalah majalah bekas, namun tak bisa dipungkiri bahwa majalah itulah yang menuntunnya untuk menggemari dunia literasi.

    Awalnya hanya sekadar menulis surat pada sahabat-sahabat pena, membuatnya seringkali mendapatkan kiriman surat balasan bahkan kado, hal itu membuat guru dan teman-teman di sekolahnya terheran.

    Ketika duduk di bangku SD tugas yang paling disukainya adalah mengarang, pada pelajaran Bahasa Indonesia. Ia belajar merangkai kata dengan sering membaca cerpen-cerpen pada majalah-majalah tadi. Kegemaran membaca dan mengarang itu pula yang mengantarkannya menjadi juara 1 lomba mengarang dan bercerita tingkat  Sekolah Dasar se Kabupaten Agam Sumatera Barat pada tahun 2001.

    Namun, hobi menulis itu sempat terhenti bertahun-tahun, karena terlalu padatnya kegiatan ketika ia bersekolah di sebuah pesantren di Ponorogo, Jawa Timur. Tapi di sela-sela kegiatan di pesantren ia masih berusaha menyempatkan diri untuk membaca beberapa karya-karya sastra.

    Setelah lulus dari pesantren sebenarnya ia berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra Indonesia. Tuhan berkeinginan lain, akhirnya kini ia sudah berhasil menyelesaikan studinya di Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Malang. Selama masa kuliah pun semangatnya untuk menulis belum bangkit lagi. Justru ia sering berprestasi di bidang lain, beberapa kali menjadi juara debat bahasa Arab, bahkan pernah juara II debat tingkat international. Ia juga pernah menjadi perwakilan Indonesia pada program kepemudaan dan multikultural (Journey of Understanding) di London, Inggris.

    Kegemaran menulis itu bangkit kembali ketika ia bekerja sebagai volunteer pendidikan bagi Orang Rimba di Jambi. Banyak hal yang ingin dituangkannya dalam bentuk tulisan agar bisa berbagi pengalaman dengan orang lain.

    Di saat itu pulalah ia kenal dengan Ketua Umum FAM Indonesia, Muhammad Subhan lewat jejaring sosial facebook. Dan akhirnya ia tertarik untuk bergabung menjadi anggota FAM Indonesia.

    Kini, dalam tulisannya ia menggunakan nama pena Palla-La, yang dalam bahasa Minang berarti seseorang yang suka berpetualang, karena memang ia gemar sekali berkegiatan di alam bebas. Pria muda ini sangat ingin menjadi penulis, beberapa cerpennya sudah pernah dimuat di media massa,  hal itu tentunya tak lepas dari dukungan dan motivasi dari sahabat-sahabat FAM Indonesia. (*)

    Lihat koleksi buku-buku terbitan FAM Indonesia DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Item Reviewed: Aulia Rahman, Menulis Karena Ingin Jadi Penulis Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top