• Info Terkini

    Saturday, November 29, 2014

    Bolehkah Mengirim Naskah yang Sama ke Beberapa Media?

    sumber: pixabay.com
    Banyak yang bertanya ke admin FAM Indonesia, bolehkah mengirimkan naskah dengan judul yang sama ke sejumlah media?

    Jawabannya, "tidak boleh".

    Kenapa?

    Karena, dengan mengirim naskah dengan judul yang sama ke banyak media akan menyebabkan terjadinya pemuatan ganda, dan hal tersebut 'dilarang' dalam dunia tulis-menulis. Etikanya, seorang penulis mengirimkan satu judul tulisan ke satu media. Jika dalam masa waktu 2-3 bulan belum ada kejelasan dimuat-tidaknya tulisan itu, maka penulis harus mengirimkan 'surat penarikan' naskah ke redaksi media tersebut. Dengan adanya surat penarikan naskah, pihak redaksi akan menyisihkan naskah tersebut untuk tidak diterbitkan kembali.

    Banyak kasus ditemui, penulis-penulis pemula (bahkan senior) mengirim naskah dengan judul yang sama ke sejumlah media. Akibatnya terjadi pemuatan ganda yang tentu saja merugikan media dan pembaca. Penulis A karyanya terbit di media B dan media C dengan judul yang sama. Si penulis akan 'dicap' sebagai penulis komersil karena menginginkan honor ganda.

    Dan, media yang tegas menerapkan aturan, penulis-penulis yang tidak memerhatikan etika pengiriman naskah itu biasanya tidak mendapat pengampunan, alias namanya di-blacklist di media tersebut. Tentu saja hal itu akan merugikan karir kepenulisan si penulis di masa depan. Semoga kasus-kasus tersebut tidak menimpa FAMili. Terus berkarya. Salam aktif!

    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    Lihat koleksi buku-buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bolehkah Mengirim Naskah yang Sama ke Beberapa Media? Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top