• Info Terkini

    Wednesday, December 31, 2014

    Satu Huruf di Mesin Tik

    Judul: Satu Huruf di Mesin Tik
    Penulis: Refdinal Castera
    Kategori: Novel
    Terbit: Januari 2015
    Tebal: 323 hlm ; 14 x 20 cm
    ISBN: 978-602-7956-97-1
    Harga: Rp52.000,- (Harga belum termasuk Ongkir)

    Agus terharu menerima banyak koran dari temannya  sesama penjual koran di terminal, waktu ia akan pulang kampung karena gagal kuliah. Lalu menghonor di beberapa SD di kota Padang, disangka baik untuk merangkai harapan. Tetapi, nyatanya membawa luka yang mendalam. Keikhlasan mengabdi sebagai guru honor dan salah paham, membuat nasibnya hampir berakhir di ujung golok orangtua siswa. Atas izin Allah, ada orang yang menolong dan ia selamat.

    Agus pindah sekolah untuk mengajar tapi namanya sebagai predikat guru honor, tak kunjung berubah. Kerja dan tanggung jawabnya sama banyak dengan guru PNS, tapi beda dalam penerimaan hak setiap bulan. Rasa bosan yang panjang, mulai menggerogoti kesehariannya sebagai guru honorer.

    Ternyata gemar membaca, suka menulis sejak kecil dapat mengusir rasa jenuh Agus. Isi buku diarinya ia tuliskan ke bentuk puisi, artikel, cerpen dan pengalaman yang berbekas. Dengan modal mesin tik manual tua pinjaman tetangga, mulailah Agus menulis. Ia mengirim tulisan ke koran lokal dan ibu kota. Sekitar 6 bulan menunggu, tulisan itu akhirnya  bisa dimuat dan terus dimuat. Sehingga mesin tik tua semula pinjaman itu, bisa dibeli dengan honor tulisan.

    Agus mulai belajar organisasi, bertemu pencipta lagu terkenal, belajar silat tradisional, dan karate. Tetapi namanya predikat guru honor, tak pernah berubah. Sehingga kota Jakarta yang penuh impian, juga diarunginya. Ia pernah jadi kondektur mikrolet, bekerja di biro iklan dan menulis di bumi ibu kota. Tapi semuanya tak membawa sukses, karena setiap impian belum tentu bisa menjadi kenyataan. “Ini Jakarta, Bung!” begitu orang menyebutnya. Lalu nomor tes keluarlah yang akhirnya menolong. Tes apa itu?

    Lihat koleksi buku karya anggota FAM Indonesia DI SINI

    Gabung dan like fanspage FAM Indonesia DI SINI
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Satu Huruf di Mesin Tik Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top