• Info Terkini

    Sunday, January 25, 2015

    Workshop Menulis Fiksi di SMA Negeri 2 Sumatera Barat

    FAM bersama siswa siswa SMAN 2 Sumatera Barat
    Solok (FAMNews) – SMA Negeri 2 Sumatera Barat siap melahirkan penulis hebat. Sekolah itu bertekad mengimbangkan keilmuan siswa, bukan saja Iptek, Imtaq, tetapi juga keterampilan menulis. Siswa pun secara rutin dilatih menulis.

    “Kami menyiapkan generasi yang bukan saja ilmuwan, tetapi juga pemimpin,” kata Kepala SMA Negeri 2 Sumatera Barat, Irsyad, M.Pd., di sela-sela Workshop Menulis Fiksi untuk seluruh siswa di sekolahnya, Sabtu (24/1).

    Untuk berbagi motivasi dan kiat menulis itu, SMA Negeri 2 Sumatera Barat mengundang Muhammad Subhan, Motivator Kepenulisan dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia yang juga penulis.

    Pada kesempatan itu, Muhammad Subhan berbagi kiat menulis fiksi dan menerbitkan tulisan di surat kabar. Siswa sangat antusias dan termotivasi untuk menulis di sela-sela aktivitas belajar dan berkeinginan karya mereka dipublikasikan, baik di koran maupun berbentuk buku.

    “Saya sudah menulis 70 halaman novel. Workshop ini memotivasi saya untuk merampungkan novel saya dan berharap kelak bisa diterbitkan,” ujar Yanda, salah seorang pelajar sekolah itu.

    Menurut Muhammad Subhan, dari sejumlah sekolah yang dikunjunginya, banyak siswa yang berbakat menulis, tetapi tidak ada yang mewadahinya. Dorongan pihak sekolah, terutama kepala sekolah dan guru berdampak positif tersalurkannya bakat-bakat siswa itu.

    “Saya memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru SMA Negeri 2 Sumatera Barat yang sangat mendukung bakat menulis siswanya,” ujar Muhammad Subhan yang juga redaktur Budaya di salah satu koran harian Sumatera Barat.

    Sistem boarding school di SMA Negeri 2 Sumatera Barat, tambah Muhammad Subhan, memberikan ruang lebih kepada siswa untuk fokus menulis sebab mereka diasramakan. Artinya, siswa memiliki banyak waktu di sela-sela belajar untuk menulis banyak karya yang bisa diterbitkan, khususnya di media massa.

    “Yang penting fokus dan serius, bersungguh-sungguh menulis. Siswa menulis di media massa bukan saja mengangkat nama penulisnya, tetapi nama sekolah juga ikut terangkat dan dikenal publik,” ujar Muhammad Subhan.

    Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri 2 Sumatera Barat, Drs. Irsyad Das, M.Pd., mengatakan, bimbingan-bimbingan kepenulisan akan menjadi salah satu kegiatan unggulan di SMA Negeri 2 Sumatera Barat. Sebagai tahap awal, siswa diberi bimbingan menulis, lalu menerbitkan karya mereka di surat kabar, bahkan juga direncanakan menerbitkan majalah sekolah.

    “Akan kami lakukan secara bertahap, mengingat sekolah kami baru berdiri dan siswanya baru angkatan pertama,” papar Irsyad Das yang juga penulis buku “Belajar untuk Belajar” (2004).

    SMA Negeri 2 Sumatera Barat merupakan sekolah kedua yang berlokasi di Kabupaten Solok, setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membangun SMA Negeri 1 Sumatera Barat di Kota Padangpanjang. Dua sekolah ini merupakan sekolah unggulan yang para siswanya adalah siswa-siswa pilihan dari seluruh wilayah Sumatera Barat. (*)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Workshop Menulis Fiksi di SMA Negeri 2 Sumatera Barat Rating: 5 Reviewed By: Fam Indonesia
    Scroll to Top